VODAFONE MENGHAPUS HUAWEI DARI JARINGAN ‘INTI’ UE ATAS ARAHAN PEMERINTAH INGGRIS

VODAFONE MENGHAPUS HUAWEI DARI JARINGAN ‘INTI’ UE ATAS ARAHAN PEMERINTAH INGGRIS

 

VODAFONE MENGHAPUS HUAWEI DARI JARINGAN 'INTI' UE ATAS ARAHAN PEMERINTAH INGGRIS
VODAFONE MENGHAPUS HUAWEI DARI JARINGAN ‘INTI’ UE ATAS ARAHAN PEMERINTAH INGGRIS

Vodafone akan menghapus teknologi Huawei dari inti jaringan Eropa menyusul keputusan Inggris untuk membatasi peran perusahaan China dalam 5G dan pedoman Uni Eropa baru pada peralatan perusahaan, kata Chief Executive Nick Read.

Inggris bulan lalu mengizinkan Huawei peran terbatas dalam jaringan seluler baru – menentang tekanan AS atas larangan langsung atas alasan keamanan – tetapi mengecualikannya dari inti dan memberlakukan batasan 35 persen dalam jaringan radio yang kurang sensitif.

Huawei telah berulang kali membantah tuduhan AS bahwa peralatannya berpotensi digunakan oleh Beijing untuk memata-matai.

Vodafone untuk menghapus Huawei dari jaringan inti UE atas arahan pemerintah Inggris
Gambar: Reuters

“Kami sekarang telah memutuskan, sebagai akibat dari kotak peralatan UE dan keputusan pemerintah Inggris, untuk mengeluarkan Huawei dari inti,” kata Read kepada wartawan, Rabu.

“Ini akan memakan waktu sekitar lima tahun untuk diterapkan dengan biaya sekitar 200 juta euro.”

Baca mengatakan Vodafone hanya perlu melakukan penyesuaian kecil untuk mematuhi aturan di Inggris, di mana ia belum menempatkan Huawei pada intinya.

Vodafone memang menggunakan Huawei pada intinya di Spanyol dan di beberapa pasar Eropa yang lebih kecil.

Read menyambut baik pendekatan Inggris, yang katanya berbasis bukti dan dibedakan antara berbagai bagian jaringan, tetapi dia menentang pembatasan penggunaan vendor tertentu oleh operator.

“Ini sangat mempengaruhi pelanggan dan kualitas jaringan jika kita dipaksa untuk melakukan swap yang dipercepat,” katanya. “Meskipun ini bukan masalah di Inggris, aku tidak ingin ini untuk Eropa.”

Dia mengatakan itu bisa menyebabkan penundaan apa pun antara dua dan lima tahun tergantung pada negara mana yang memutuskan untuk mengenakan topi.

“AS melaju cepat, Cina melaju cepat,” katanya. “Kami tidak dapat menahan penyebaran 5G kami dan oleh karena itu saya pikir pembatasan akan dibatasi atas dasar itu.”

Read tidak merinci pasar Vodafone mana yang besar – Jerman, Italia, dan Spanyol – yang bisa terpengaruh.

“Saya tidak mendengar pasar Eropa mengatakan mereka ingin topi, saya katakan jika kita pergi ke rute itu, itu memiliki konsekuensi,” katanya.

BT, saingan Vodafone di pasar dalam negerinya yang sudah menghilangkan Huawei dari intinya, harus mengeluarkan 500 juta pound untuk mematuhi batasan Inggris.

Biaya untuk menghapus peralatan radio dari beberapa lokasi dan beralih kontrak ke pesaing seperti Ericsson dan Nokia.

Di Jerman, pasar Eropa terbesar Vodafone, anggota parlemen masih memperdebatkan Huawei.

Read mengatakan Vodafone berupaya meningkatkan jumlah vendor, yang berpusat pada inisiatif OpenRAN, yang bertujuan untuk menstandarisasi desain perangkat lunak dan perangkat keras.

(Baca juga: Australia melarang Huawei memasok peralatan untuk jaringan seluler 5G pada 2018 )

Europe A Slog
Sebelumnya pada hari Rabu, Vodafone melaporkan pertumbuhan pendapatan layanan organik kuartal ketiga sebesar

0,8 persen, naik dari yang kedua, dibantu oleh pemulihan yang berkelanjutan di Afrika Selatan.

Eropa, bagaimanapun, tetap bekerja keras untuk operator seluler terbesar kedua di dunia, dengan pendapatan turun 1,4 persen tahun-ke-tahun, tingkat yang sama terlihat pada kuartal sebelumnya.

“Kami mengharapkan peningkatan bertahap lebih lanjut dalam pertumbuhan pendapatan layanan di Q4, dipimpin oleh Eropa,” kata Read.

Saham Vodafone membalikkan keuntungan awal untuk diperdagangkan turun 1 persen pada 1149 GMT.

Read memfokuskan operasi Vodafone di Eropa dan Afrika sub-Sahara, dan bulan lalu perusahaan setuju untuk menjual 55 persen sahamnya di Vodafone Mesir untuk $ 2,4 miliar kepada Saudi Telecom Company.

Grup ini juga ingin menghasilkan lebih banyak nilai dari infrastruktur jaringannya.

Ini telah menunjuk manajer senior untuk perusahaan menara Eropa, Read berkata, dan sedang mempersiapkan daftar publik potensial pada awal 2021, kemungkinan besar di London atau Frankfurt.

Vodafone mengulangi panduan setahun penuh untuk pendapatan inti yang disesuaikan sebesar 14,8-15,0 miliar euro, dan arus kas bebas sebelum biaya spektrum sekitar 5,4 miliar euro.

Baca Juga: