Visi dan Misi – Pengertian, Perbedaan dan Contohnya

Definisi visi dan misi

Apa itu visi dan misi? Memahami visi dan misi adalah konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan sesuai dengan perencanaan yang telah dicapai untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam waktu tertentu.

Semua organisasi harus memiliki visi dan misi sendiri. Visi dan misi ini dirancang dan direkayasa pada saat pendiri organisasi untuk menjadi panduan bagi kepemimpinan organisasi. Itu harus direkam secara tertulis sehingga semua pihak internal dan eksternal tahu tujuan mendirikan organisasi.

Meski sama-sama membentuk satu kesatuan, istilah visi dan misi pada dasarnya berbeda. Untuk menjelaskan ini lebih lanjut, kita perlu melihat lebih dekat pada dua kata ini.

1. Definisi visi
Secara umum, konsep suatu visi adalah pandangan ke depan dari seorang individu atau organisasi dalam hal tujuan yang ingin dicapai dan apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut di masa depan.

Visi adalah serangkaian kata yang menunjukkan cita-cita, impian, atau tujuan yang ingin dicapai. Setiap organisasi umumnya memiliki visi atau tujuan untuk masa depan yang dikembangkan oleh para pendiri organisasi.

Dalam visi tersebut, biasanya ada pandangan ke arah manajemen di mana perusahaan dijalankan. Singkatnya, makna melihat adalah sebagai berikut;

  • Visi adalah cita-cita atau tujuan suatu organisasi di masa depan yang ditetapkan secara tertulis.
  • Memahami visi adalah ide yang ditulis secara tertulis tentang cita-cita atau tujuan utama pendiri organisasi.
  • Visi dibuat dalam bentuk tulisan pendek, jelas dan fokus yang menjelaskan arah organisasi.
    persyaratan visi.

Ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi oleh suatu visi, termasuk:

  • ke depan
  • Sebagai ungkapan kreativitas
  • Tidak didasarkan pada kondisi saat ini
  • Berdasarkan prinsip dan nilai-nilai yang mewujudkan apresiasi masyarakat

2. Definisi misi
Secara umum, memahami misi adalah segalanya (strategi, tindakan), apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut. Misi organisasi adalah tujuan dan alasan untuk mendirikan organisasi dan berfungsi sebagai panduan dan panduan untuk mencapai tujuan organisasi.

Pemahaman misi juga dapat didefinisikan sebagai terjemahan dari visi di mana tulisan dibuat lebih lengkap sehingga dapat dipahami oleh siapa saja yang membacanya.

Secara ringkas, makna misi adalah sebagai berikut;

  • Misi adalah terjemahan dari visi suatu organisasi.
  • Misi adalah strategi, tindakan atau fase berbeda yang perlu dilakukan oleh suatu organisasi untuk mewujudkan visi tersebut.
  • Misi adalah fase yang berbeda yang dilakukan untuk merangsang realisasi visi organisasi.

Memahami visi dan misi menurut para ahli

Beberapa ahli di bidang organisasi telah menjelaskan pengertian visi dan misi, termasuk:

1. Indrakaralesa
Menurut Indrakaralesa, istilah visi adalah cerminan dari berbagai kepercayaan dan asumsi tentang berbagai hal, termasuk kemanusiaan, teknologi, ekonomi, politik, seni, budaya, dan etika.

2. Djamaludin Ancok
Menurut Djamaludin Ancok, istilah visi adalah pernyataan yang berisi instruksi yang jelas tentang apa yang akan dilakukan organisasi di masa depan.

3. A. Aditya
Dalam pandangan A. Aditya, istilah visi adalah pandangan yang jauh dari perusahaan, tujuan perusahaan dan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut di masa depan.

4. Mita B. H
Dalam pandangan Mita B. H, makna visi adalah sesuatu yang idealnya kita bayangkan akan kita capai di masa depan.

5. Arry Akhmad Arman
Menurut Arry Akhmad Arman, istilah visi adalah pernyataan yang mendefinisikan sesuatu yang ingin dicapai seseorang atau organisasi di masa depan.

Sedangkan definisi misi adalah pernyataan yang menjelaskan apa yang akan dan akan dilakukan dalam waktu dekat.

6. Burt Nanus
Menurut Burt Nanu, makna kata visi adalah pandangan organisasi yang realistis, dapat dipercaya, dan menarik di masa depan, suatu kondisi yang lebih baik daripada saat ini.

7. Wibisono
Menurut Wibisono, istilah visi adalah serangkaian kalimat yang mencerminkan cita-cita atau impian organisasi yang harus diwujudkan di masa depan. Sedangkan mendefinisikan misi adalah menentukan tujuan atau sasaran perusahaan dalam waktu singkat (1-3 tahun).

8. Sapta Nirwandar
Menurut Sapta Nirwandar, memahami misi adalah langkah atau kegiatan yang perlu dilakukan dalam rangka mewujudkan realisasi visi.

Perbedaan visi dan misi

Seperti disebutkan sebelumnya, visi dan misi adalah satu kesatuan, tetapi masing-masing memiliki perbedaan dalam pengertian. Inilah perbedaan visi dan misi:

  • Visi adalah tujuan jangka panjang yang ingin dicapai, tujuan atau hal yang harus dilakukan di masa depan
  • Visi umumnya hanya terdiri dari beberapa kalimat / pernyataan
  • Misi adalah langkah, strategi, cara mewujudkan visi yang ingin dicapai.
  • Misi umumnya terdiri dari seperangkat kalimat / pernyataan yang cukup panjang dan terperinci tentang cara, strategi dan upaya yang sedang dilakukan.

Contoh visi & misi dalam organisasi

Ada banyak contoh visi dan misi yang dapat kita temukan di organisasi masyarakat. Sesuai dengan pengertian visi dan misi di atas, berikut adalah beberapa contoh organisasi atau perusahaan:

1. Contoh visi dan misi organisasi pemuda
visi:
Menciptakan generasi muda yang mandiri, keras, kompeten, mulia dan bermanfaat bagi masyarakat.

misi:
Untuk mewujudkan visi ini. kemudian misi organisasi kami;

  • Melakukan berbagai kegiatan pemuda di masyarakat
  • Melakukan berbagai kursus pelatihan di bidang pertanian, perdagangan, dan industri kreatif
  • Membantu masyarakat dengan layanan masyarakat dan melindungi lingkungan
  • Meningkatkan kinerja umat di bidang olahraga maupun di bidang ilmiah lainnya
  • Tingkatkan rasa persaudaraan antar komunitas melalui pertemuan rutin

2. Contoh visi dan misi toko ritel (Alfamart)

visi:
Menjadi jaringan distribusi ritel terintegrasi terbesar dan paling kompetitif di Indonesia, memberdayakan usaha kecil dan memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan

misi:

  • Memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan dengan berfokus pada produk dan layanan berkualitas tinggi
  • Jadilah yang terbaik dalam semua tindakan kami untuk menerapkan praktik bisnis yang etis
  • Mengembangkan semangat dan keterampilan kewirausahaan di perusahaan dan di masyarakat
  • Kembangkan organisasi yang andal, sehat, dan berkembang yang menguntungkan semua orang yang terlibat

Sumber : https://ilmubelajar.com/

Baca Juga :