Tanda Freon AC Mobil Habis

Sistem pendingin (AC) yang terpapar di dalam mobil tentu merupakan fitur yang dapat mendukung kenyamanan saat mengendarai mobil. Tentu saja, dengan AC mobil, Anda tidak akan kepanasan di dalam mobil Anda.

Tentu saja kehadiran mobil AC sangat bermanfaat, terutama bagi orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan yang panas. Namun, seperti suku cadang mobil lainnya, pendingin udara mobil harus diperiksa untuk menghindari kerusakan.

Tanda Freon AC Mobil Habis

Salah satu masalah yang sering dialami dengan sistem pendingin adalah mobil Freon yang kelelahan, tetapi beberapa dari Anda mungkin tidak tahu. Freon AC mobil memiliki fungsi sebagai pendingin. Jika CFC hilang, kinerja AC mobil tidak dapat dioptimalkan. Misalnya, membuka jendela mobil saat AC menyala, membocorkan sambungan pipa AC, atau menggunakan unit dalam waktu lama dapat menyebabkan AC beroperasi lebih cepat.

Kondisi freon yang telah digunakan dalam waktu lama dapat merusak sistem pendingin mobil. Tentu saja, ini memungkinkan Anda membayar lebih untuk memperbaikinya. Penting untuk mengetahui apakah kondisi AC mobil CFC jika kurang. Bahkan, tidak sulit untuk mengetahui apakah AC Freon hilang. Nah, berikut ini beberapa fitur mobil Freon AC yang perlu Anda ketahui. (Baca lebih lanjut: Fitur pemutus kejut yang rusak)

1. Udara yang keluar segar dan tidak dingin

Salah satu fitur dari AC Freon mobil adalah bahwa udara yang dihasilkan oleh sistem pendingin tidak dingin atau segar. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Freon adalah pendingin di AC yang membantu memberikan kesegaran dari udara yang diproduksi. Karena itu, bahkan jika CFC hilang, udara tidak menjadi segar, tentu saja, dan rasanya seperti angin biasa. Dalam kasus seperti itu, mau tidak mau, AC Freon harus segera diganti. (Baca juga: Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil)

2. Kompresor AC tidak berputar

Ketika sakelar AC dihidupkan, kompresor AC biasanya beroperasi secara normal. Namun, jika kompresor mati dan tidak berfungsi, ini adalah fitur Freon dan AC mobil mungkin habis. Untuk itu, sangat penting untuk memeriksa kondisi freon di AC mobil. Jadi saat Anda kehabisan, Anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru. (Baca juga: Cara Membersihkan Radiator Mobil Anda Sendiri)
Sponsor tautan

3. Kipas AC tidak berputar (AC pada posisi)

Gejala lain yang dapat dilihat ketika kondisi AC buruk adalah kondisi kipas tidak berputar bahkan ketika AC menyala. Status kipas yang tidak dapat diputar adalah tanda bahwa status fluorocarbon sudah mulai habis. Tapi jangan lupa untuk melanjutkan dengan cek. Kipas AC yang tidak berputar mungkin disebabkan oleh kondisi AC mobil yang sudah rusak. Untuk melakukannya, pastikan untuk mengetahui bagian mana yang rusak. (Baca juga: Tips Memilih Penguat Mobil)

4. Silakan periksa AC kaca penglihatan

Fitur lain yang bisa Anda ketahui adalah ketika Anda mengecek situs AC kaca. Ketika AC mobil hampir habis, gelembung udara berwarna merah muda muncul di penerima ketika mobil dinyalakan. (Baca juga: cara merawat mobil tua)

Bahkan, ada saklar tekanan keselamatan pada sistem pendingin mobil, biasanya ketika kondisi Freon AC menghilang. Fitur ini bekerja berdasarkan tekanan yang ada. Peletakan itu sendiri kadang-kadang di pipa tekanan tinggi atau pengering penerima. (Harap baca lagi: Komponen karburator mobil)

Ketika pendingin udara mobil hilang, Anda harus memenuhi mereka agar kinerja AC mobil optimal. Nah berikut ini beberapa langkah mengisi Freon mobil ac:

Kosongkan sisa-sisa Freon terlebih dahulu. Anda dapat melakukan ini dengan menutup katup manifold gauge dan menghubungkannya dengan tekanan tinggi ke selang yang mengarah ke puting susu. Sedangkan selang biru dengan tekanan rendah dan selang hijau masuk ke pompa vakum.
Buka salah satu katup berjenis dan nyalakan pompa vakum. Amati ukuran dalam pengukur vakum dan lakukan sampai angka menunjukkan 600 mm Hg.

Kemudian, bukan sisi katup yang lain, sehingga ruang hampa bekerja lebih optimal. Kemudian lihat kembali angka-angka yang tercetak pada pengukur vakum. Harap konfirmasi bahwa ini

Sumber : https://bandarlampungkota.go.id/blog/rental-mobil-lampung/