Soal Bonus Demografi

Soal Bonus Demografi

Soal Bonus Demografi
Soal Bonus Demografi

BANDUNG-Salah satu tantangan pembangunan nasional

saat ini adalah persoalan bonus demografi. Persoalan ini perlu diselesaikan melalui intervensi pemerintah dalam bentuk program konkrit di sektor kependudukan.

Hal demikian, diungkapkan Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu sore (8/9) di Kota Bandung. Tantangan demografi yaitu, usia angkatan kerja produktif di Indonesia mencapai 128 juta. Namun, dari jumlah tersebut 60 persen berlatar belakang pendidikan dengan tamat SD dan SMP. Jika hal ini dibiarkan akan berdampak pada tingginya angka pengangguran,jelas Dede Yusuf. Tantangan berikutnya, sambung Dede, adalah jumlah warga kurang mampu dari sisi sosial ekonomi yang mutlak membutuhkan intervensi pemerintah mencapai 22 juta atau sebesar 10 persen dari jumlah penduduk.

Jika angka tersebut, merupakan Kepala Keluarga

dengan rata-rata mempunyai anggota keluarga sebanyak 4 orang per KK, maka jumlah masyarakat yang membutuhkan intervensi sebanyak diatas 90 juta. Jika hal ini dibiarkan, maka akan menambah persoalan baru yaitu bertambahnya penduduk miskin, ujar Dede.

Menurut Dede, untuk menyelesaikan persoalan tersebut, program penguatan KB merupakan solusi, setidaknya dengan program ini akan mendukung penurunan pertumbuhan penduduk.

Di sisi lain, persoalan kependudukan perlu diimbangi

dengan perbaikan sarana perbaikan kualitas hidup masyarakat dan dukungan yang mesti diberikan pemerintah, diantaranya melalui fasilitasi air bersih, fasilitasi permukiman layak huni, fasilitasi sanitasi yang layak, tutur Dede Yusuf.

Di sisi lain, ujar Dede, untuk kalangan perempuan diperlukan pembinaan kualitas hidup berupa pembinaan berbagai ketrampilan seperti keterampilan dalam mengelola UKM, demikian Dede Yusuf (NR)

 

Sumber :

http://forum.detik.com/jaringan-tumbuhan-t2044969.html