Sistem Pembelajaran

Sistem Pembelajaran

Sistem Pembelajaran
Sistem Pembelajaran

Modalitas  Secara umum

Cara orang menyerap informasi (pelajaran) berbeda-beda, itulah yang disebut modalitas. Modalitas dibagi menjadi tiga, yaitu VISUAL, AUDITORIAL, dan KINESTETIK. Orang visual lebih mudah belajar melalui apa yang mereka lihat. Siswa auditorial lebih senang belajar melalui apa yang mereka dengar, sedangkan siswa kinestetik mudah mengerti apabila sambil melakukan gerakan ringan.

 

Dominansi Otak

Otak manusia terdiri dari belahan kiri dan kanan yang lebih dikenal dengan sebutan otak kiri dan otak kanan. Kenyataannya ada manusia yang dominan otak kiri dan ada yang dominan otak kanan.
Otak kiri bertanggung jawab terhadap kemampuan verbal dan matematis seperti: berbicara, membaca, menulis, dan berhitung. Proses berpikir otak kiri bersifat logis, sistematis, dan analitis. Otak kiri tergolong short term memory (memori jangka pendek).

Otak kanan berurusan dengan irama

Musik, imajinasi, emosi, warna, gambar, dan diagram. Cara berpkir otak kanan bersifat kreatif, tidak teratur, dan menyeluruh. Otak kanan tergolong long term memory (memori jangka panjang).

Sebagai bukti bahwa daya ingat otak kanan lebih panjang

Dari pada otak kiri, ketika bertemu dengan teman lama, seringkali kita ingat wajahnya tapi lupa namanya. Mengapa demikian? Karena wajah (gambar) diproses oleh otak kanan yang memorinya jangka panjang sedangkan nama (kata-kata) diproses oleh otak kiri yang memorinya jangka pendek.

Baca Juga :