Rpp Model Pembelajaran Jigsaw SMP

Rpp Model Pembelajaran Jigsaw SMP

Rpp Model Pembelajaran Jigsaw SMP
Rpp Model Pembelajaran Jigsaw SMP

Invalid Domain Name

Berikut Ini adalah contoh RPP Model Pembelajaran Jigsaw Untuk SMP Kelas VIII Semester II
Seperti postingan saya sebelumnya saya telah menjelaskan tentang model pembelajaran jigsaw berikut ini beberapa petikan dan pengertian tentang model pembelajaran jigsaw sebelum kita memasuki dan membahas tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan (RPP) model Jigsaw.
Model pembelajaran tipe Jigsaw adalah suatu tipe pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar maupun mengajarkan bagian tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. Jigsaw ini didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajaranya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa juga tidak hanya mempelajari materi yang telah diberikan tetapi mereka juga harus memberikan dan mengajarkan meteri tersebut pada anggota kelompoknya yang lain. Dengan demikian, siswa tidak saling tergantung dengan yang lain dan harus bekerjasama secara kooperatif untuk mempelajari meteri yang ditugaskan.
Model Jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran dimana setiap anggota menyumbangkan informasi penggalaman, ide, sikap, pendapat, kemampuan, dan keterampilan yang dimilikinya untuk secara bersama-sama saling meningkatkan pemahaman seluruh anggota. Pembelajaran tipe Jigsaw ini merupakan bagian dari pembelajaran kooperatif yang merupakan pembelajaran kelompok dimana setiap anggiota bertanggung jawab atas pengguasaan materi tertentu dan menggajarkannya kepada anggota kelompok ahli masing-masing.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah          :       SMP Negeri 1 Simala Kama
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester         :  VIII/II
Standar Kompetensi    :  4.  Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan.
Kompetensi Dasar    :  4.1 Menjelaskan hakikat demokrasi.
Alokasi Waktu         :   4 x 40 menit (2 x Pertemuan)

A. Indikator
1. menjelaskan pengertian demokrasi;
2. menguraikan sejarah perkembangan demokrasi;
3. menguraikan macam-macam demokrasi

B. Tujuan pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:

  1. menjelaskan pengertian demokrasi;
  2. menguraikan sejarah perkembangan demokrasi;
  3. menguraikan macam-macam demokrasi.

Materi Pembelajaran

  1. Pengertian demokrasi.Sejarah perkembangan demokrasi.

    Macam-macam demokrasi

     

    Metode 

  • Ceramah bervariasi
  • Diskusi

E. Model pembelajaran Jigsaw
F. Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Pertemuan 1 dan 2

Pendahuluan
a.  Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b.  Memotivasi
• Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa.
• Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.

Kegiatan Inti

Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

  • menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
  • memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
  • Mengajak siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar

Elaborasi

  • Guru menyampaikan teori pembelajaran kepada siswa diawali dengan peresentasi kelas yang juga mencakup komponen pembukaan, penggembangan dan petunjuk pelaksanaan materi pembelajaran;
  • Membagi sub materi demokrasi kepada masing-masing kelompok
  • Memberikan kesempatan pada masing-masing kelompok yang ditugaskan untuk berdiskusi dengan anggota kelompok lain yang ditugasi sub materi yang sama
  • Masing-masing anggota kelompok yang telah berdiskusi dengan anggota kelompok yang lain kembali kekelompoknya masing-masing.
  • Masing-masing anggota kelompok yang telah ahli tentang sub meteri yang didiskusikanya terlebih dahulu dapat menjelaskan sub materi itu kepada anggota lain dalam kelompoknya.
  • Guru memulai Tanya jawab dengan membuka topik tentang sub materi yang telah didiskusikan;

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru: