Resep Bubur Kacang Hijau Kental Dengan Santan Terpisah

Resep Bubur Kacang Hijau Kental Dengan Santan Terpisah

Cara sederhana mengolah makanan yang kaya gizi, resep bubur kacang hijau kental dengan atau tanpa santan karena dipisah ini bisa menjadi pilihan. Rasanya yang enak dan empuk membuat bubur kacang ijo yang sering disingkat burjo juga sangat disukai anak-anak. Bubur kacang hijau memang banyak dijual abang-abang yang dapat dicampur bubur ketan hitam, bisa disandingkan dengan roti tawar bila masih kurang kenyang.

Kacang hijau sudah dikenal sejak dulu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang tak hanya dikonsumsi orang dewasa, namun juga baik untuk bayi, anak balita, maupun ibu hamil. Membuat burjo sendiri di rumah sudah menjadi keahlian ibu-ibu kita, teringat waktu kecil sering dimanjakan dengan bermacam variasi bubur kacang yang terkadang spesial dicampur ketan putih bahkan durian.

Pada resep bikin bubur kacang kali ini, santan dibuat terpisah karena juga bisa disajikan pakai susu sebagai alternatif santan. Merendam kacang hijau merupakan tips sederhana agar mudah empuk saat direbus sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Nah saat merendam, gunakan wadah yang lebih besar karena kacang hijau akan mengembang setelah menyerap air, serta lebih banyak air agar tetap terendam, atau dengan cara menambahkan air secara bertahap setiap kacang hijau mengembang, intinya untuk menjaga agar kacang hijau selalu terendam supaya tidak menjadi toge/kecambah.

Resep Bubur Kacang Hijau :

250 gram kacang hijau, rendam semalaman atau bisa seharian 24 jam
3 lembar daun pandan
2 sdm tepung tapioka atau bisa juga maizena, larutkan dengan sedikit air
5 cm jahe digeprek
150 gram gula pasir atau bisa juga gula merah
1 bungkus kecil (65 ml) santan instan kara
200 ml air untuk saus santan
½ sdt garam
1 sachet vanili bubuk
1200 ml air untuk rebusan kacang
Cara Membuat Bubur Kacang Hijau :
Cara Membuat Bubur Kacang Hijau
Saus santan; Siapkan panci, tuang 200 ml air, santan, garam dan vanili, serta 1 lembar daun pandan, aduk rata kemudian didihkan. Aduk terus selama memasak, matikan api setelah benar-benar mendidih.
Cuci bersih dan tiriskan kacang hijau yang sudah direndam, kemudian rebus dengan 1200 ml air bersama jahe dan 2 lembar daun pandan, aduk sesekali selama memasak.
Setelah kacang hijau mekar dan kuah agak menyusut masukkan gula pasir serta aduk rata, lalu masak hingga kuah hampir menyusut. Terakhir tuang larutan tapioka, aduk rata dan masak hingga kental, matikan api. Bubur kacang hijau siap disajikan dengan siraman saus santan.

Artikel Terbaru