Rektor PTKN se Indonesia Ikuti ToT Tunas Integritas

Rektor PTKN se Indonesia Ikuti ToT Tunas Integritas

Rektor PTKN se Indonesia Ikuti ToT Tunas Integritas
Rektor PTKN se Indonesia Ikuti ToT Tunas Integritas

Kementerian Agama kembali menggelar ‘Training of Trainers

(TOT) Tunas Integritas’. Untuk Angkatan ke V ini,  ToT diikuti para Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se Indonesia, baik UIN, IAIN, IHDN, maupun IAKN.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Meneguhkan Komitmen Pembangunan Budaya Integritas Kementerian Agama’ ini dibuka Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan. Kegiatan ini berlangsung empat hari, 3-6 September 2019 di Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

Sekretaris Jenderal, M. Nur Kholis Setiawan mengapresiasi ToT Tunas Integritas yang diinisasi dan Biro Organisasi dan Tata Laksana sejak 2015.

“Fungsi Rektor lebih memfokuskan pada tugas-tugas akademik

dibanding tugas administratif. Materi dan metodogi dalam kegiatan ini sangat penting untuk kita utilisasi, dan internalisasi secara optimal di lingkungan PTKN dalam rangka pembangunan budaya integritas sebagai cara yang strategis dalam pencegahan perilaku KKN,” ujar Sekjen di Ciawi, Selasa (3/9).

Sekjen sendiri adalah salah satu peserta ‘TOT Tunas Integritas’ angkatan pertama. Saat itu, M. Nur Kholis masih menjabat sebagai Direktur Pendidikan Madrasah.

Menurut Sekjen, pembangunan budaya integritas dilakukan dengan internalisasi nilai, membangun sistem dan kepemimpinan yang berintegritas pada semua tataran komponen.

Pembangunan budaya integritas bukan merupakan tujuan namun

merupakan cara pencapaian tujuan. Sehingga upaya pembangunan budaya integritas perlu diselaraskan dengan tujuan atau sering kita sebut dengan visi dan misi. Secara spesifik visi dan misi tersebut difokuskan lagi menjadi sebuah Visium.

Pembangunan budaya integritas pada Kementerian Agama, kata Sekjen, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rencana besar pembangunan Integritas Nasional. Pembangunan budaya integritas yang selaras dengan tujuan nasional, visi, misi, serta tujuan setiap Kementerian/Lembaga/Organisasi/Pemerintah Daerah (KLOP) akan memberikan makna dan kekuatan spiritual, sehingga akan memberikan daya tahan, konsistensi serta keberanian yang tinggi untuk mewujudkannya.

 

Sumber :

https://iway.rosemont.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/Organization_of_African_American_Students/Home.jnz?portlet=Discussion_Board&screen=PostView&screenType=change&id=39005c5d-4db5-4a97-b8d4-83c29d27479e