Raja Salman nin Abd aziz Al Sa’ud

Kerajaan Arab Saudi berdiri secara resminya pada 23 september 1932

Kerajaan Arab Saudi berdiri secara resminya pada 23 september 1932 dengan luas kekuasaaan terbentang dari teluk persia sampai ke Laut Merah, dengan raja pertamanya Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Sa’ud. Dengan menggabungkan daerah daerah kekuasaannya ia memberi nama wilayah kekuasaaannya dengan nama arab saudi.
Setelah minyak ditemukan di daerah arab saudi, Raja Abdul Aziz mengizinkan amerika serikat melakukan penelitian didaerah itu, penemuan minyak ini menjadikan penguasa saudi arabia kala itu menjadi elit kaya yang memiliki kekuatan hingga bisa dikatakan cadangan minyaklah yang memberikan kekayaan pada arab saudi kala itu bahkan hingga kini. Dengan penghasilan dari usaha perminyakan inilah raja saudi perlahan membangun jalan-jalan, gedung-gedung dan fasilitas di arab saudi.

Raja penguasa arab saudi.

1. Raja Abdul Aziz bin Abdul Rahman. Berkuasa sejak 23 september 1932 – 9 november 1953. Adalah raja pertama sekaligus pendiri kerajaan Arab Saudi.
2. Raja Sa’ud ibn Abd Aziz Al Su’ud. Menggantikan ayahnya berkuasa hingga 2 November 1964. Dilantik menjadi putera mahkota semenjak Mei 1933. Pada masanya didirikan Universitas Raja Saud di Riyadh
3. Raja Faisal bin Abdul Aziz bin Abdurrahman As Sa’ud. Menggantikan kakaknya sebagai raja berkuasa sejak 2 November 1964 sampai wafat pada 25 Maret 1975 , ia adalah raja yang dianggap penyelamat karena pada masanya Ia berusaha menyederhanakan kehidupan keluarga kerajaan.
4. Raja Khalid bin Abd Aziz Al Sa’ud. Menggantikan kakaknya berkuasa sejak 25 Maret 1975 sampai 13 Juni 1982. Kemajuan mencolok pada masanya adalah masuknya senjata modern sebagai pengganti senjata tradisional.
5. Raja Fahd bin Abd Aziz Al Saud. Menggantikan kakaknya berkuasa sejak 13 Juni 1982 sampai 1 Agustus 2005, ia sebelumnya sudah menjabat sebagai menteri pendidikan pada usia 30 tahun dilanjutkan menjadi menteri dalam negeri hingga menjadi wakil perdana menteri kedua.
6. Raja Adullah bin Abdul Aziz Al Sa’ud. Menggantikan kakaknya berkuasa sejak 1 Agustus 2005 sampai 23 Januari 2015. Pada masanya ia memiliki kebijakan damai dengan Israel dengan menjalin hubungan normal.
7. Raja Salman nin Abd aziz Al Sa’ud. Menggantikan kakaknya berkuasa sejak 23 Januari 2015 sampai sekarang. Seperti Raja terdahulu Ia juga pernah menjabat sebelumnya di struktur pemerintahan sebelumnya kerajaan Arab Saudi.
Beberapa konflik yang muncul dalam mendirikan Kerajaan Arab Saudi modern saat ini adalah berupa penaklukan wilayah untuk terwujudnya kerajaan, seperti perebutan Hassa pada 1914. Arab Saudi sebelum berdirinya, menjalin hubungan kerjasama dengan Inggris terlebihh dahulu dan kemudian menjalin hubungan kerjasama dengan Amerika Serikat yang diawali oleh penemuan minyak di daerah Arab Saudi. Terdapat juga pemberontakan anti-wahhabi yang dapat dipadamkan oleh kekuatan kerajaan Arab Saudi
Konflik yang muncul setelah berdirinya kerajaan Arab Saudi diantaranya ada konflik berkepanjangan antara Iran dan Arab Saudi selama kurang lebih 15 tahun yang didasarkan ada keinginan masing-masing negara menyebarkan pengaruh di negara arab lainnya.
Peta wilayah Arab Saudi.


Sumber: https://bengkelharga.com/