POLITIK & STRATEGI NASIONAL (POLSTRANAS)

POLITIK & STRATEGI NASIONAL (POLSTRANAS)

POLITIK & STRATEGI NASIONAL (POLSTRANAS)
POLITIK & STRATEGI NASIONAL (POLSTRANAS)

POLITIK

Politik merupakan suatu proses pembentukan dan pembagian kekuasaan  dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.  Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

Politik nasional menggariskan usaha-usaha untuk mencapai tujuan nasional yang dalam perumusannya dibagi dalam tahap-tahap utama, yaitu  jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Politik nasional meliputi:

  1. Politik dalam negeri, yang diarahkan untuk mengangkat, meninggikan, dan memelihara harkat dan derajat dan potensi rakyat Indonesia yang pernah mengalami kehinaan dan kemelaratan akibat penjajahan menuju sifat-sifat bangsa yang terhormat, dan dapat dibanggakan.
  2. Politik luar negeri yang bersifat bebas aktif anti imperialism dan kolonialisme dalam segala bentuk dan manifestasinya, mengabdi kepada kepentingan nasional dan amanat penderitaan rakyat serta diarahkan kepada pembentukan solidaritas antar bangsa terutama bangsa Asia-Afrika dan Negara-negara non Aligned.
  3. Politik ekonomi yang bersifat swasembada /swadaya dengan tidak berarti mengisolasi diri, tetapi diarahkan kepada  peningkatan taraf hidup dan daya kreasi rakyat Indonesia sebesar-besarnya.
  4. Politik pertahanan keamanan, yang bersifat defensive aktif dan diarahkan kepada pengamanan serta perlindungan bangsa dan Negara serta usaha-usaha nasional dan penanggulangan segala macam tantangan, ancaman, dan hambatan.

Hal-hal yang berkaitan dengan politik :

  • Partai dan Golongan
  • Hubungan Internasional
  • Masyarakat
  • Kekuasaan
  • Negara

Sementara pengertian kekuasaan dan Negara itu sendiri adalah

  1. Kekuasaan

Dalam teori politik menunjuk pada kemampuan untuk membuat orang lain melakukan sesuatu yang tidak dikehendakinya. Max Weber menuliskan adanya tiga sumber kekuasaan: pertama dari perundangundangan yakni kewenangan; kedua, dari kekerasan seperti penguasaan senjata; ketiga, dari karisma.

  1. Negara

Negara merupakan suatu kawasan teritorial yang didalamnya terdapat sejumlah penduduk yang mendiaminya, dan memiliki kedaulatan untuk menjalankan pemerintahan, dan keberadaannya diakui oleh negara lain.

  1. Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan adalah aspek utama politik. Jadi, politik adalah pengambilan keputusan melalui sarana umum dan keputusan yang diambil menyangkut sektor publik dari suatu negara.

  1. Kepentingan Umum

Kebijakan (policy) merupakan suatu kumpulan keputusan yang diambil oleh seseorang atau kelompok politik dalam memilih tujuan dan cara mencapai tujuan itu.

  1. Distribusi

Distribusi adalah pembagian dan pengalokasian nilai-nilai (value) dalam masyarakat. Nilai adalah sesuatu yang diinginkan dan penting, ia harus dibagi secara adil

-STRATEGI-

  1. Strategi

Strategi berasal dari kata Yunani strategos artinya seni seorang Jendral ( the art of the general ) itu dulu sekarang tiap orang berbicara strategi mulai dari PKL sampai kepada Mahasiswa sehingga dengan demikian terdapat perbedaan pengertian strategi antara lain :

  1. Antoine Jomini :

strategi adalah seni menyelenggarakan perang di atas peta yang meliputi seluruh kawasan operasi

  1. Clausewitz :

strategi adalah pengetahuan tentang penggunaan pertempuran untuk kepentingan perang]

  1.  Liddle Hart :

strategi adalah seni mendistribusikan dan menggunakan sarana militer untuk mencapai tujuan politik

Secara umum pengertian strategi dapat dirumuskan sebagai berikut : Strategi pada dasarnya merupakan suatu kerangka rencana dan tindakan yang disusun dalam suatu rangkaian pentahapan yang masing-masing merupakan jawaban yang optimal terhadap tantangan-tantangan baru yang mungkin terjadi sebagai akibat dari langkah sebelumnya dan keseluruhan proses ini terjadi dalam suatu arah tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

  1. Strategi Nasional

Maksudnya adalah seni dan ilmu mengembangkan dan menggunakan kekuatan-kekuatan nasional  (Ipoleksosbud hankam) dalam masa perang maupun damai untuk mendukung pencapaian tujuan tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional

Sehingga dengan demikian srategi nasional adalah cara bagaimana melaksanakan politik nasional.

Sementara Pengertian Politik Strategi Nasional itu sendiri adalah

  1. Pengertian Politik Strategi Nasional ( Polstranas )

Pada hakekatnya merupakan alat perjuangan / konsep nasional sebagai usaha mencapai Tujuan Nasional.

  1. Dasar pemikiran POLSTRANAS

Penyusunan politik dan strategi nasional perlu memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam sistem manajemen nasional yang berlandaskan ideologi Pancasila, UUD 1945, Wawasan Nusantara, dan Ketahanan Nasional.

Baca Artikel Lainnya: