Permintaan Pengeluaran barang (SPB)

Permintaan Pengeluaran barang (SPB)

Permintaan Pengeluaran barang (SPB)
Permintaan Pengeluaran barang (SPB)

Anda telah saya perkenalkan dengan sebuah dokumen yang berfungsi sebagai permintaan penyerahan barang yaitu Delivery Order. Tentu saja akan timbul pertanyaan, kenapa ada lagi Surat Perintah/Permintaan Pengeluaran Barang (SPB).  Sepintas anda akan mengatakan bahwa ini adalah suatu yang keliru karena ada perintah dan perintah lagi, namun hal ini sangat diperlukan bila perintah secara lisan telah berindikasi dapat membahayakan keamanan harta perusahaan anda atau kelancaran operasi bisnis anda

Semakin berkembangnya suatu organisasi menjadi semakin besar, yang ditandai oleh trafik informasi semakin semakin besar. Informasi yang tadinya dapat disampaikan dengan cara sederhana atau secara lisan akan menimbulkan faktor kesalahan atau penyalahgunaan semakin besar. Untuk itu pengendalian internal harus ditingkatkan.

Surat permintaan/Perintah pengeluaran barang adalah dokumen yang bersifat operasional (non financial). Salah satu media komunikasi tertulis pengganti komunikasi yang biasanya digunakan oleh manajemen perusahaan dalam bentuk lisan. Komunikasi   secara lisan terutama yang berhubungan dengan harta perusahaan akan menciptakan peluang terjadinya kesalahan atau pun pelanggaran.

Dalam sistem penjualan, surat permintaan/perintah pengeluaran barang adalah dokumen yang dibuat oleh bagian pejualan (sales) ke bagian delivery untuk dibuatkan Delivery Order/Surat Jalan. Hal ini digunakan karena dalam faktanya sales order sering mengalami perubahan, terutama dalam permasalahan schedule.

Sumber :https://pesantrenkilat.id/lucky-patcher-apk/