Perjalanan Panjang Manusia Modern Sejak Zaman Prasejarah

Perjalanan Panjang Manusia Modern Sejak Zaman Prasejarah

teori yang mengatakan terkecuali kami dulunya adalah manusia kera? Hah, emang benar? Lalu bagaimana kita, berasal dari manusia kera, dapat menjadi manusia bersama dengan bentuk fisik seperti sementara ini, ya? Penasaran, nggak sih, bagaimana perjalanan panjang manusia modern sejak prasejarah sampai sementara ini? Yuk, mengikuti perjalanan serunya!

Perjalanan panjang manusia melalui tahapan-tahapan yang tidak singkat, Squad. Salah satunya adalah melalui tahap evolusi. Ada lebih dari satu teori tentang evolusi, di antaranya adalah teori oleh Charles Darwin dan Jean-Baptiste de Lamarck.

Evolusi merupakan sistem yang terjadi didalam kurun sementara jutaan tahun. Secara khusus berkenaan evolusi manusia, Darwin berpendapat bahwa manusia adalah hasil perkembangan lebih lanjut berasal dari evolusi primata. Makhluk selanjutnya dikenal bersama dengan sebutan manusia purba. Teori evolusi ini kelihatan di dukung bersama dengan beraneka temuan fosil manusia purba di beraneka tempat di dunia.

Proses evolusi manusia ini terjadi nyaris di seluruh segi (fisik). Ini dia perubahan-perubahan fisik yang terjadi terhadap manusia:

1. Sikap tubuh dan langkah bergerak. Sikap tegak dimulai bersama dengan kemampuan duduk tegak, berdiri, dan terjadi tegak. Kemampuan berdiri dan terjadi tegak bersama dengan ke dua kaki melepaskan tangan berasal dari menopang badan. Akibatnya, tangan dapat digunakan untuk membawa dampak dan gunakan alat, melacak dan mempunyai makanan, menyuap makanan, dan juga mengasuh anak-anak.

2. Evolusi kepala. Evolusi kepala terkait bersama dengan evolusi otak. Hal ini gara-gara makin lama modern manusianya, maka makin lama membesar pula volume otaknya. Evolusi otak terhitung berpengaruh terhadap pergantian pola pikir, kebiasaan, langkah hidup, dan pemahaman atas pengalaman. Evolusi kepala terhitung tentang bersama dengan sistem pencernaan dan pernapasan. Perubahan makanan dan langkah mengolahnya merubah struktur mulut sebagai alat pengunyah, khususnya setelah ditemukannya api.

3. Perkembangan biososial manusia. Pada segi ini menyangkut tiga perihal penting, yakni pembuatan alat, organisasi sosial, dan komunikasi bersama dengan bahasa. Pembebasan tangan berasal dari menumpu badan dan perkembangan pikiran manusia yang lebih lanjut membawa dampak manusia dapat membawa dampak alat-alat berasal dari kayu dan batu. Kepandaian manusia didalam Mengenakan dan membawa dampak alat mempermudah langkah melacak dan memproses makanan. Perburuan hewan secara grup memerlukan pengorganisasian didalam sesuaikan trick bersama. Inilah yang mendorong terbentuknya organisasi sosial dan komunikasi secara verbal maupun nonverbal, gara-gara komunikasi benar-benar diperlukan untuk sesuaikan kehidupan secara berkelompok.

Proses-proses evolusi selanjutnya akhirnya mempunyai manusia terhadap zaman prasejarah menjadi manusia di era sekarang. Manusia saat ini terhitung didalam spesies Homo sapiens. Adapun beberapa ciri manusia modern pada lain punyai kapasitas otak lebih kurang 1.350 cc dan juga punyai kebudayaan yang tinggi.

Tahapan evolusi erat kaitannya bersama dengan seleksi alam. Hal ini disebabkan gara-gara didalam evolusi akan terjadi seleksi alam, di mana hanya makhluk yang dapat beradaptasi bersama dengan lingkungannya yang dapat bertahan hidup dan berkembang.

terdapat pohon yang punyai warna batang putih, tetapi gara-gara berada di kawasan industri, warna batang pohon itu tergoda oleh asap pabrik dan berubah warna menjadi hitam. Kamu dapat menyaksikan tersedia tiga ngengat yang berbeda warna. Ngengat bersama dengan warna yang mirip bersama dengan batang pohon, tidak dimakan burung gara-gara dirinya tidak kelihatan oleh si burung.

Nah, tak sekedar evolusi dan seleksi alam yang membawa dampak perbedaan fisik, perjalanan panjang manusia masih belum berhenti. Perbedaan manusia purba bersama dengan manusia modern tidak lebih berasal dari variasi ras. Manusia modern mengalami diversifikasi (penganekaragaman) menjadi beraneka ras dan grup etnik seperti saat ini ini. Keanekaragaman itu muncul terhadap perbedaan bentuk tengkorak, tingkat tonjolan wajah, kekokohan dahi, dan sebagainya. Perbedaan selanjutnya dapat kami lohat sementara ini terhadap ras-ras manusia modern yang terpisah secara geografis untuk kurun sementara yang lama.

Ras sendiri berasal berasal dari Bahasa Latin, radix, yang berarti “akar” atau “asal”. Adapun pengertian ras menurut para ahli, pada lain:

1. Menurut Bruce J. Cohen, ras adalah pengelompokan manusia berdasarkan beberapa ciri fisik atau biologis individu di dalamnya yang mirip dan diwariskan secara turun temurun.

2. Menurut Horton dan Hunt, ras adalah pengelompokan manusia berdasarkan perbedaannya bersama dengan grup manusia lain berdasarkan beberapa ciri fisik bawaan.

3. Menurut Alex dan Thio, ras adalah penggolongan sekelompok manusia oleh masyarakat sekitarnya berdasarkan beberapa ciri biologis yang dimiliki.

4. Menurut Stephen K. Sanderson, ras adalah pengelompokan manusia yang didefinisikan masyarakatnya sendiri dan diterima masyarakat lain.

Ciri-ciri fisik yang kebanyakan dilihat didalam pengelompokan ras selanjutnya adalah:

1. Bentuk badan, kebanyakan bersama dengan perbedaan tinggi dan rangka badan yang menyusunnya. Ada ras yang punyai tubuh tinggi besar, ras yang punyai tubuh tinggi kecil, dan juga ras yang pendek kecil.

2. Bentuk kepala, pengelompokan ras berdasarkan bentuk kepalanya, kebanyakan diukur berdasarkan panjang lingkar kepala.

3. Bentuk muka, yang diperhatikan adalah bentuk tulang pipi (ada yang menonjol dan tidak), pronogtisme (jarak atau derajat wajah bersama dengan air muka), panjang wajah (jarak antar dua tulang pipi), dan bentuk dagu.

4. Bentuk hidung, dinilai berasal dari panjang dan lebar hidung biasanya sekelompok manusia, tersedia hidung yang mancung, pesek, dan biasa. https://www.gurukelas.co.id/

5. Warna kulit, rambut, dan mata. Pengelompokan berdasarkan kulit, rambut, dan mata merupakan ciri yang paling ringan dilihat. Ada ras manusia yang berkulit hitam, putih, kuning, atau sawo matang. Ada ras manusia yang punyai warna bola mata hitam, biru, atau hijau. Rambut manusia dapat dikelompokkan berdasarkan warna hitam, putih, atau kuning, dan juga dan rambut lurus, ikal, dan keriting.