PERBEDAAN ISD ( Ilmu Sosial Dasar ) DAN IPS

PERBEDAAN ISD ( Ilmu Sosial Dasar ) DAN IPS

PERBEDAAN ISD ( Ilmu Sosial Dasar ) DAN IPS
PERBEDAAN ISD ( Ilmu Sosial Dasar ) DAN IPS

Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan. Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga is tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial di atas.

Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan. Adapun persamaan antara keduanya adalah :

  1. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan programpendidikan/pengajaran.

 B Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.

  1. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial danmasalah sosial.

Adapun perbedaan antara keduanya adalah :

  1. Ilmu Sosial Dasardiberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
  2. B. Ilmu Sosial Dasarmerupakan satu matakuliah tunggal, sedang IlmuPengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
  3. C. Ilmu Sosial Dasardiarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.

Sumber : https://obatpenyakitherpes.id/