Perbedaan antara rematik dan asam urat

Rematik dan asam urat dapat terjadi bersamaan dan menyebabkan nyeri sendi. Karena itu, banyak yang berpendapat bahwa sulit untuk membedakan nyeri sendi yang disebabkan oleh dua masalah kesehatan ini. Padahal, apa perbedaan keduanya?

Perbedaan antara rematik dan asam urat

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa asam urat disebabkan oleh proses metabolisme tubuh dalam puding, daging merah, organ dalam, makanan laut, kacang-kacangan dan bahan-bahan lain yang berasal dari makanan.

Biasanya, ginjal mengeluarkan asam urat melalui urin, tetapi karena terlalu banyak, ginjal tidak dapat menghilangkan semuanya dan akhirnya menumpuknya di persendian. Masalahnya adalah akumulasi asam urat ini menyebabkan pembentukan kristal runcing yang dapat menyebabkan peradangan sendi dengan gejala nyeri dan pembengkakan.

Di sisi lain, di komunitas medis yang disebut rematik dan rheumatoid arthritis, itu bukan disebabkan oleh konsumsi puding yang berlebihan. Ini sering disebabkan oleh kebingungan dalam sistem kekebalan tubuh.

Rematik cenderung terjadi lebih sering pada wanita jika asam urat lebih sering dialami pria. Meski begitu, di usia tua pria dan wanita sama-sama rentan terhadap kedua masalah kesehatan.
Arthralgia karena rematik dan asam urat

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa ada beberapa perbedaan dari gejala nyeri yang disebabkan oleh rematik dan asam urat. Mengetahui hal itu, Anda bisa berhati-hati untuk mengatasinya.

Ini adalah perbedaan antara rheumatoid arthritis dan gout.

Menilai dari seberapa cepat gejala muncul

Rasa sakit yang biasanya disebabkan oleh masalah gout terjadi secara tiba-tiba dan langsung menimbulkan sensasi sakit yang luar biasa. Sementara itu, rasa sakit yang disebabkan oleh rematik biasanya muncul perlahan dan cenderung memburuk. Gejala nyeri rematik yang tiba-tiba muncul seperti masalah gout jarang terjadi.

Bagian pertama mengalami sakit

Biasanya, pasien dengan gout dapat mengalami gejala nyeri pertama dengan jempol kaki, meskipun ini dapat terjadi dengan sendi jari kaki lainnya. Di sisi lain, rematik biasanya muncul pada persendian berukuran kecil, biasanya seperti jari.

Tempat sakit

Pasien asam urat biasanya hanya mengalami gejala nyeri sendi. Di sisi lain, rematik cenderung dialami di bagian tubuh yang lebih luas karena berhubungan dengan gangguan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, beberapa organ dalam tubuh dipengaruhi oleh rematik. Selain itu, pasien rematik juga akan mengalami gejala lain seperti mata yang sering kering, peka cahaya, dan mudah sakit. Penderita rematik juga cenderung kehabisan napas.

Suhu bagian tubuh yang sakit

Pembengkakan sendi yang dialami oleh pasien dengan gout biasanya melibatkan sensasi hangat di daerah tersebut. Hal yang sama tidak terjadi pada pasien rematik.
Pengobatan encok dan rematik

Biasanya, pasien gout tidak boleh secara tidak sengaja mabuk karena ada kemungkinan obat yang mereka konsumsi justru membuat gejala gout lebih parah. Padahal, obat-obatan gout yang diberikan oleh dokter seringkali untuk mencegah serangan, bukan untuk mengatasinya. Sementara itu, dokter biasanya memberikan semacam pengubah obat anti rematik untuk mengobati rasa sakit yang dialami pasien dengan rematik.

Tentu saja, pasien asam urat juga dapat mengatasi gejala pereda nyeri, tetapi hindari makanan yang kaya akan puding atau minuman beralkohol, berolahraga secara intens, menambah asupan air, dll. Untuk mencegah serangan asam urat. Disarankan untuk mengubah

baca juga :