PERANTI LUNAK

PERANTI LUNAK

Software atau perangkat lunak, adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi (penghubung) antara pengguna (user) dan perangkat keras (hardware). Terdapat dua jenis dasar peranti lunak: peranti lunak sistem dan aplikasi. Peranti lunak sistem dibutuhkan untuk menggunakan komputer,sedangkan peranti lunak aplikasi memproses data pengguna. Peranti lunak aplikasi dapat diperoleh dalam bentuk siap pakai atau dibuat sesuai pesanan untuk pengguna tertentu.

Peranti Lunak Sistem

Peranti lunak sistem (sistem software) atau yang disebut juga peranti lunak sistem operasi, menjalankan tugas-tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh pengguna dari satu komputer tertentu. Sistem operasi mengelola proses-proses komputer, dan berfungsi sebagai suatu antarmuka yang menghubungkan pengguna, peranti lunak aplikasi, dan peranti keras.

Contoh-contoh sistem operasi untuk komputer mikro adalah Windows XP dan Mac OS X. Sistem operasi untuk komputer-komputer yang lebih kecil biasanya berjalan pada lebih dari satu prosesor pabrikan, sedangkan sistem operasi untuk komputer-komputer mainframe besar, seperti OS/390 IBM, merupakan hak milik dan tidak dibagi dengan pembuat-pembuat komputer yang lain. UNIX adalah suatu sistem operasi yang tidak biasa dimana versi-versinya dapat dijalankan pada komputer mikro maupun mainframe. UNIX adalah sebuah freeware, setiap orang dapat secara gratis mempergunakan dan mengubahnya untuk memenuhi kebutuhan mereka masing-masing.

UNIX juga memiliki versi yang menjadi hak milik (atau vendor akan mengenakan biaya untuk penggunaan atau pembelian sistem operasi tersebut). Vendor menjadikan versi UNIX mereka menjadi hak milik dengan menambahkan fitur-fitur pada sistem operasi yang memperluas fitur-fitur standar versi UNIX yang gratis. Vendor-vendor ini masih mendistribusikan versi-versi gratis UNIX (yang kadang disebut versi “terbuka”) namun mereka juga secara agresif memasarkan versi-versi milik mereka di mana mereka dapat menjualnya kepada konsumen.

Sumber: https://carbomark.org/