Penyebab Asma Kambuh dan Cara Mengatasinya

Penyebab Asma Kambuh dan Cara Mengatasinya

Asma adalah tidak benar satu problem pernapasan yang memadai lazim terjadi. Asma sendiri disebabkan oleh terdapatnya penyempitan terhadap saluran pernapasan. Kondisi ini mengakibatkan pengidapnya mengalami tanda-tanda sesak napas yang termasuk sering disertai nyeri dada. Asma tidak sanggup disembuhkan, dan gejalanya sanggup kambuh kalau terpengaruh oleh sejumlah faktor. Apa saja aspek penyebab asma kambuh?

Penyebab Asma Kambuh dan Cara Mengatasinya
Seorang pengidap asma pastinya selalu ‘dihantui’ kambuhnya tanda-tanda problem pernapasan yang satu ini. Malam hari pun jadi saat di mana asma acap kali kambuh (asma nokturnal). Sayangnya, perihal tersebut mengakibatkan penurunan kualitas tidur yang sesudah itu berdampak terhadap terganggunya fisik maupun psikis.

Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui penyebab asma kambuh dan cara mengatasinya tersebut ini!

1. Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik layaknya berolahraga adalah tidak benar satu penyebab utama dari kambuhnya tanda-tanda asma.

Dilansir dari WebMD, kira-kira 80 persen pengidap asma mengalami kekambuhan gejala—sesak napas, nyeri dada, dan batuk—ketika melaksanakan kesibukan olahraga dengan intensitas tinggi.

Sebagian pengidap menjelaskan kalau ciri-ciri asma kambuh tersebut mereda di dalam kurun saat 30-60 menit ke depan, tapi lebih dari satu lainnya dilaporkan kembali di serang tanda-tanda asma 6-10 jam kemudian.

Cara menanggulangi asma kambuh akibat kesibukan fisik sangat berat adalah dengan beristirahat sejenak dan sebaiknya menghindari olahraga dengan intensitas tinggi tersebut untuk mencegah—atau setidaknya meminimalisir—gejala kambuh di sesudah itu hari.

2. Alergi
Penyebab asma kambuh paling lazim seterusnya adalah alergi.

Sebanyak 60-80 persen dari total pengidap asma—dilaporkan oleh sebuah penelitian tahun 2013—memiliki alergi terhadap sejumlah aspek pencetus seperti:

Udara
Debu
Bulu hewan
Kotoran hewan
Manakala pengidap asma terpapar aspek pemicu reaksi alergi (alergen) tersebut, tanda-tanda asma layaknya sesak napas dan batuk pun kambuh.

Oleh sebab itu, para pengidap asma yang kebetulan termasuk sangat peka terhadap alergen disarankan untuk menghindari faktor-faktor tersebut agar asma tidak kembali kambuh.

3. Makanan
Makanan termasuk jadi aspek pemicu asma kambuh. Bahkan, kekambuhan asma yang disebabkan oleh makanan sanggup hingga terbilang kronis (atau disebut reaksi anafilaksis).

Beberapa perumpamaan model makanan penyebab asma kambuh pada lain sebagai berikut:

Telur
Susu sapi
Kacang-kacangan
Kedelai
Makanan berbahan dasar tepung
Ikan
Udang
Kerang
Makanan sehat layaknya salad dan buah-buahan pun terkadang sanggup mengakibatkan kambuhnya tanda-tanda asma.

Cara menanggulangi asma kambuh akibat makanan ini pasti saja dengan sebisa bisa saja menghindari konsumsinya. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai cara paling baik yang mesti ditempuh mengingat lebih dari satu model makanan tersebut termasuk sejatinya dibutuhkan oleh tubuh.

4. Sinusitis
Penyakit berkaitan sistem pernapasan lainnya layaknya sinusitis termasuk tak luput dari daftar penyebab asma kambuh.

Pasalnya, sinusitis yang disebabkan oleh peradangan (inflamasi) terhadap membran mukus mengakibatkan mengolah mukus mengalami peningkatan. Alhasil, berjalan penyumbatan terhadap saluran pernapasan yang berujung kambuhnya tanda-tanda asma.

Cara menanggulangi asma kambuh yang satu ini adalah dengan melaksanakan penanganan medis sedini bisa saja terhadap sinusitis tersebut.

5. Penyakit Lambung
Kambuhnya tanda-tanda asma terhadap pengidapnya termasuk sanggup disebabkan oleh penyakit lambung layaknya refluks asam lambung atau lebih dikenal sebagai penyakit GERD.

GERD adalah penyakit kala asam lambung naik ke kerongkongan sebagai akibat dari melemahnya katup sfingter yang selayaknya bermanfaat mencegah naiknya asam lambung tersebut.

Ketika asam lambung raih tempat kerongkongan, maka timbullah sensasi layaknya panas atau terbakar (heartburn) yang terhadap pada akhirnya mengakibatkan saluran pernapasan mengalami iritasi dan peradangan.

Kondisi inilah yang sesudah itu mengakibatkan kambuhnya asma. Oleh sebab itu, para pengidap asma yang termasuk miliki penyakit GERD ini diharapkan untuk segera berkunjung ke dokter agar sanggup ditangani secara medis sebelum akan suasana bertambah buruk.

6. Infeksi
Beberapa model penyakit infeksi pernapasan layaknya bronkitis dan flu adalah pemicu asma kambuh lainnya yang mesti diwaspadai oleh para pengidap asma.

Kambuhnya asma akibat infeksi—bakteri maupun virus—juga jadi penyebab kambuhnya asma yang paling umum, lebih-lebih terhadap anak-anak usia di bawah 10 tahun. Gejala asma umumnya kambuh di dalam kurun saat maksimal 2 bulan sehabis infeksi terjadi.

Cara mengobati sekaligus mencegah asma terhadap masalah ini pasti saja dengan konsumsi obat-obatan untuk meredakan flu dan bronkitis. Untuk itu, segera periksakan diri ke dokter agar sanggup diberikan resep obat terkait.

7. Merokok
Rokok sangat persis dengan masalah pernapasan layaknya asma. Ya, Anda yang miliki kebiasaan merokok rentan sekali untuk di serang asma. Sementara bagi yang sebetulnya sudah mengidap asma, merokok hanya bakal memperburuk suasana sebab tanda-tanda asma bakal lebih sering kambuh.

Maka dari itu, tidak ada cara lain untuk menanggulangi asma kambuh bagi para perokok maupun non-perokok tak sekedar menghindari rokok itu sendiri. Di samping itu, tidak merokok punya tujuan untuk melindungi kesegaran paru-paru.

8. Obat-Obatan
Penggunaan sejumlah model obat-obatan termasuk sanggup mengakibatkan pengidap asma mengalami kekambuhan atas masalah kesegaran yang dimilikinya tersebut.

Obat-obatan yang dimaksud pada lain:

Aspirin
Ibuprofen
Naproxen
Obat antihipertensi
Obat penyakit jantung
Obat glaukoma
Guna mencegah—atau setidaknya meminimalisir—kambuhnya asma, Anda disarankan untuk menghindari obat-obatan tersebut. Konsultasikan dengan dokter agar sanggup dicarikan obat alternatif yang lebih safe untuk dikonsumsi.

9. Stres
Masalah psikologis layaknya stres dan depresi ternyata termasuk memainkan peran penting di dalam mengakibatkan tanda-tanda asma kambuh.

Para peneliti menemukan fakta bahwa problem pernapasan asma rentan dialami oleh mereka yang sedang dilanda stres atau di dalam tingkatan yang lebih parah, depresi.

Jadi bagi Anda yang mengidap asma, manajemen stres sangatlah penting sebagai cara menanggulangi asma kambuh.

Selain stres, suasana psikologis lainnya yang sanggup mengakibatkan asma kambuh adalah:

Marah
Sedih
Antusias
Tertawa berlebihan
10. Bahan Kimia
Paparan bahan kimia adalah penyebab asma kambuh yang termasuk patut diwaspadai oleh Anda yang menderita problem pernapasan yang satu ini.

Bahan-bahan kimia yang dimaksud pada lain:

Parfum
Pewangi ruangan
Cairan pembasmi serangga (insektisida)
Cairan pembersih lantai
Asap kendaraan
Asap pabrik
Kenali Ciri-Ciri Asma Kambuh
Mengenali tanda-tanda asma saat kambuh jadi penting agar Anda sanggup segera melaksanakan penanganan medis sebelum akan suasana bertambah buruk. Ciri-ciri asma kambuh adalah sebagai berikut:

Sesak napas
Nyeri dada
Batuk
Suara berdecit saat bernapas
Cemas
Bibir berwarna kebiruan
Berkeringat
Peningkatan mengolah lendir (mukus)
Jika sudah hingga terhadap tahap yang serius, asma mengakibatkan oksigen tidak sanggup raih paru-paru. Padahal, paru-paru bermanfaat untuk menghantarkan oksigen menuju aliran darah untuk seterusnya disebarkan ke organ-organ agar sanggup menjalankan fungsinya.

Artikel Lainnya : teknik dasar sepak bola

Baca Juga :