Penjelasan Lengkap Listrik Dinamis

Penjelasan Lengkap Listrik Dinamis

Penjelasan Lengkap Listrik Dinamis
Penjelasan Lengkap Listrik Dinamis

Listrik Dinamis

Listrik mempengaruhi kehidupan sehari-hari manusia di seluruh dunia. http://bpbd.lampungprov.go.id/blog/contoh-teks-ulasan/ Sebagian besar dari kita bergantung pada peralatan listrik untuk membuat hidup kita lebih aman, lebih sehat, lebih mudah, dan lebih nyaman.

Rangkaian Sederhana

Dalam kegiatan sebelumnya, kamu telah berhasil membuat suatu rangkaian sederhana. Untuk menyalakan lampu itu, kamu harus membuat suatu jalan tidak putus dengan kawat-kawat, dengan menghubungkan kawat-kawat tersebut dari tiap ujung baterai ke sisi logam lampu yang berbentuk ulir dan ke ujung logam pada dasar lampu.

Apa yang kita butuhkan untuk menghasilkan listrik yang dapat menyalakan lampu atau menghidupkan radio? Pertama, membutuhkan kawat penghantar.

Kedua, kita membutuhkan baterai sebagai sumber gaya gerak listrik untuk membuat elektron di dalam kawat bergerak.

Ketiga, Kamu harus menyediakan suatu jalan tidakputus, berupa rangkaian tertutup untuk elektron-elektron.

Hukum Ohm

Hukum Ohm menjelaskan bagaimana beda potensial atau tegangan dari sebuah sumber arus, kuat arus listrik, dan resistansi suatu rangkaian saling terkait.

Hukum Ohm menyatakan: jika tegangan pada suatu rangkaian dinaikkan, arus dalam rangkaian akan naik; dan jika tegangan diturunkan, arus akan turun. Contoh, jika tegangan diduakalikan, arus akan menjadi dua kali.

Hukum Ohm juga memperlihatkan bahwa jika tegangan dijaga konstan, resistansi penghantar yang lebih kecil akan menghasilkan arus yang lebih besar dan resistansi rangkaian yang lebih besar akan menghasilkan arus yang lebih kecil.

Rumus untuk Kuat Arus Listrik

Menggunakan hukum Ohm, kuat arus listrik dalam suatu rangkaian dapat ditentukan dengan persamaan:

 I = V     R

dimana I menyatakan kuat arus, V menyatakan tegangan, dan R menyatakan resistansi atau hambatan.

Konduktor dan Isolator

Konduktor

 Konduktor adalah suatu bahan yang memungkinkan elektron-elektron bergerak dengan mudah melalui bahan tersebut.

Logam seperti tembaga dan perak terbuat dari atom-atom yang tidak memegang secara kuat elektronelektronnya, sehingga elektron-elektron bergerak dengan mudah melalui bahan yang terbuat dari jenis bahan ini.

Oleh karena alasan tersebut, kawat listrik yang pada umumnya terbuat dari tembaga merupakan konduktor yang baik. Perak juga menghantarkan listrik amat baik, namun perak jauh lebih mahal daripada tembaga.

Isolator

Apakah yang membungkus kawat yang menghubungkan radio dengan stop-kontak di dinding? Kawat itu biasanya dibungkus dengan bahan sejenis plastik, yaitu suatu bahan isolasi.

 Isolator adalah bahan yang tidak memungkinkan elektron-elektron mengalir dengan mudah melalui bahan tersebut. Selain plastik, kayu, karet, dan kaca merupakan isolator yang baik.

Listrik Dinamis, Rangkaian Sederhana, Hukum Ohm, Rumus untuk Kuat Arus Listrik, Konduktor dan Isolator, Konduktor, Isolator, opto isolator, digital isolator, listrik statis, rangkaian listrik, rangkaian elektronika, rf isolator, rumus daya, power isolator, electrical isolator, vibration isolators, battery isolator, bunyi hukum ohm, meal prep lunch box, battery isolator switch, usb isolator, arus listrik, rangkaian elektronika sederhana, charger aki otomatis, the isolator, rumus arus listrik, isolator electrical, galvanic isolator, rangkaian paralel, listrik tenaga surya, rangkaian power bank, kuat arus listrik, rumus daya listrik, isolator battery, can isolator, optical isolator.