Penggunaan fungsi-fungsi secara spontan sebagai tanda kemampuan tubuh

  • Penggunaan fungsi-fungsi secara spontan sebagai tanda kemampuan tubuh

Jika kapasitas-kapasitas untuk berbuat, berfikir dan merasakan pada anak sudah matang anak akan didorong oleh impuls-impulsyang kuat untuk menggunakannya. Misalnya jika peralatan untuk menelungkup sudah “matang”, anak secara spontandan otoatis akan berusaha menelungkupkan dirinya, tanpa ada satu rangsangan dari luar dan dia akan berusaha menghindari semua rintangan yang menghambat usaha belajar menelungkupnya.

  • Kematangan dan masa peka

pertumbuhan dan kematangan berlangsung diluar control dan kemauan manusia. Namun, dapat dinyatakan bahwa setiap pengalaman yang positif dapat mengembangkan poribadi anak. Oleh pengalaman tersebut anak menjadi matang dan penghayatan hidupnya akan bertambah luas.

  • Perjuangan sebagai ciri perkembangan

Hidup ini merupakan suatu perjuangan yang tidak kunjung hentinya. Perjuangan tersebut mula-mula untuk mencapai taraf kedewasaan, kemudian untuk mencapai penyempurnaan diri sebagai manusia.

  • Pemulihan diri dan revisi terhadap kebiasaan.

Dalam masa perkembangan anak itu terdapat apa yang disebut sebagai saat-saat kritis, dimana bisa berlangsung titik patah/breaking point. Pada peristiwa ini pengalaman-pengalaman tertentu akan meninggalkan akibat buruk berupa cedera rohaniahyang para pada anak yang sukar dipulihkan. Dalam proses perkembangan anak memiliki kemampuan untuk memikul kemalangan dan derita dan kemampuannya untuk memulihkan diri atau

 

https://finbarroreilly.com/leviathan-reef-apk/