PENEMUAN TEKNOLOGI MENUNJANG REVOLUSI INDUSTRI

PENEMUAN TEKNOLOGI MENUNJANG REVOLUSI INDUSTRI

PENEMUAN TEKNOLOGI MENUNJANG REVOLUSI INDUSTRI

Perindustrian memang tidak dapat dipisahkan dari teknologi. Di masa yang akan datang, pabrik akan semakin membutuhkan peralatan dan juga teknologi yang semakin canggih untuk dapat terus memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat.

Dengan berkembangnya teknologi, maka manusia akan dapat menghemat tenaga, biaya, dan juga waktu. Hal ini seperti istilah bahwa “waktu adalah uang”. Beberapa penemuan masa lalu yang penting peranannya dalam revolusi industri dapat dilihat berikut ini.

1. KUMPARAN TERBANG

Penemu dari kumparan terbang ini adalah John Kay dan ditemukan pada tahun 1733. Penemu yang satu membuat alat yang dapat memintal dengan sangat cepat. Tentu saja dalam bidang pertekstilan, hal ini merupakan kemajuan teknologi yang sangat berarti.

2. MESIN PEMINTAL BENANG

Mesin pemintal benang yang lainnya diciptakan oleh James Hargreves pada tahun 1767 dan dikembangkan oleh Richard Arkwright pada tahun 1769. Mesin yang diciptakan ini dapat menghasilkan benang dengan jumlah yang jauh berlipat ganda dibandingkan dengan penemuan sebelumnya.

3. MESIN TENUN

Edmund Cartwright merupakan ilmuwan yang melakukan pengembangan desain terhadap kumparan terbang buatan John Kay. Akhirnya ilmuwan ini mampu mengembangkan mesin tenun yang spektakuler dan menghasilkan produk dalam jumlah yang lebih banyak. Penemuan mesin ini terjaid pada tahun 1785.

4. ALAT PEMISAH BIJI KAPAS DENGAN SERABUTNYA

Pada tahun 1794, ada penemu yang mampu mendesain alat otomatis pemisah biji kapas terhadap serabutnya. Alat ini dirancang oleh penemu yang bernama Whitney. Bahkan alat ini juga dapat memisahkan kapas dari serabutnya dengan kapasitas yang cukup besar.

5. MESIN UAP

Mesin yang satu ini pasti sudah banyak dari Anda yang mengetahuinya. Mesin yang satu ini diciptakan oleh James Watt pada tahun 1769. Kemudian, berdasarkan hasil ciptaan ini ada banyak ilmuwan lainnya yang terinspirasi untuk menciptakan lokomotif yaitu Richard Trevethiek.

Jadi dapat dikatakan bahwa James Watt memiliki jasa yang sangat besar dalam perancangan kereta. Beberapa penemu berikutnya hanya tinggal memodifikasi dari desain yang sudah diciptakan oleh James Watt dan juga Richard Trevethiek.

Berkat jasa James Watt, pada masa itu ada banyak sekali produk hasil pabrik yang dapat diangkut untuk didistribusikan ke berbagai kawasan untuk dijual. Berkat jasa beliau juga, akhirnya revolusi industri dapat berkembang secara pesat. Akhirnya James Watt mendapatkan julukan sebagai Bapak Revolusi I.


Sumber: https://www.smsgrosir.co.id/the-tiny-adventures-apk/