Pappasang Turiolo, Budaya Leluhur dari Desa Limapoccoe Cenrana Maros

Pappasang Turiolo, Budaya Leluhur dari Desa Limapoccoe Cenrana Maros

Pappasang Turiolo, Budaya Leluhur dari Desa Limapoccoe Cenrana Maros
Pappasang Turiolo, Budaya Leluhur dari Desa Limapoccoe Cenrana Maros

Tiap daerah pasti punya nilai-nilai budaya. Hanya tidak semua daerah mampu

“menyuarakan” nilai positif dari budaya yang dimiliki. Semua berlangsung turun-temurun tanpa bisa disosialisasikan.
Akibatnya, generasi muda sekarang pun banyak terputus dari nilai-nilai budaya kearifan lokal. Maka kini, saat saya pulang kampung ke Dusun Bengo Desa Limapoccoie Kec. Cenrana Kab. Maros Sulsel bersama istri dan dua anak, misi besar saya adalah memperoleh berbagai pelajaran nilai-nilai budaya lokal suku Bugis Makassar yang jadi “darah daging leluhur” saya, seperti siri’na pancce dan sifat “tiga sipa” sipakatau, sipakalebi, dan sipakainge.

Saat ngobrol-ngobrol di kampung dan silaturahim ke rumah kerabat

, ada banyak kehidupan yang disajikan. Pesan-pesan itu menjadi bagian dari tradisi masyarakat Bugis Makassar. Dan salah satunya, pesan bermuatan kearifan yang sarat dengan nilai dan karakter manusia. Yaitu budaya pappasang turiolo, atau budaya nasehat atau petuah.
Pappasang berarti petuah atau pesan atau nasehat. Sedangkan turiolo dapat diartikan petuah atau nasehat dari para leluhur atau orang-orang dahulu. Maka budaya pappasang turiolo pastinya menjadi ajaran moral masyarakat Bugis Makassar yang mengandung nilai etis dan norma-norma dalam sistem sosial maupun sistem budaya.

img-20191229-192830-jpg-5e089e16d541df3d97174a92.jpg

Pappasang tuiolo, budaya leluhur Bugis Makassar

Karena budaya pappasang turiolo intinya menasehatkan tentang pikiran yang luhur dan pengalaman jiwa yang suci. Tentang pentingnya menasehatkan sifat-sifat yang baik dan buruk dalam kehidupan.
Nilai-nilai luhur bukanlah sesuatu yang berbau mistis. Tapi nilai-nilai luhur yang diajarkan nenek moyang atau leluhur. Karena itu budaya pappasang turiolo sarat dengan makna dan pesan moral, yang dapat dijadikan pedoman hidup. Sebagai pengatur tingkah laku dalam pergaulan di masyarakat.

 

Sumber :

https://www.belajarbahasainggrisku.id/