manusia primitif manusia hidup berkelompok membentuk suatu satu kesatuan (suku)

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial
Mengenai faktor – faktor yang mempengaruhi proses interaksi sosial dalam masyarakat ada faktor internal yang memengaruhi interaksi sosial dari dalam diri seseorang tetapi juga ada faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri seseorang. Untuk menjelaskan hal tersebut berikut akan dijabarkan faktor – faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi proses interaksi sosial dalam masyarakat.

A. Faktor Internal

Apabila seseorang melakukan interaksi sosial sesungguhnya secara naluriah manusia mempunyai dorongan – dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang itu sendiri, antara lain :
1) Dorongan Untuk Meneruskan / Mengembangkan Keturunan
Secara naluriah anusia mempnyai dorongan untuk saling tertarik dengan lawan jenisnya. Dorongan ini bersifat kodrati artinya tidak perlu dipelajari, orang akan mengerti secara sendirinya, orang akan berpasang – pasangan untuk meneruskan keturunannya agar tidak mengalami kepunahan.

2) Dorongan Untuk Memenuhi Kebutuhan Manusia
Manusia memerlukan keberadaan orang lain sebagai pihak yang menyediakan berbagai kebutuhan hidup yang diperlukan. Manusia tidak mungkin hidup sendiri dan mandiri tanpa keberadaan orang lain.

3) Dorongan Untuk Mempertahankan Hidup
Pada manusia primitif manusia hidup berkelompok membentuk suatu satu kesatuan (suku) untuk menghadapi serangan suku bangsa yang lain maupun serangan binatang – binatang buas. Suku – suku ini terhimpun menjadi satu sistem sosial, sistem ekonomi dan sistem sosial budaya.

4) Dorongan Untuk Melakukan Komunikasi Dengan Sesama
Secara naluriah manusia memerlukan keberadaan orang lain untuk saling berkomunikasi mengungkapkan keinginan yang ada. Manusia merasa tenteram bila hidup bersama – sama dan berkomunikasi dengan orang lain dalam satu lingkungan sosial budaya.

Sumber: https://pulauseribumurah.com/