Lingkup Akuntansi Keperilakuan

Lingkup Akuntansi Keperilakuan

Lingkup Akuntansi Keperilakuan

Akuntansi keprilakuan berada dibalik

peran akuntansi tradisional yang berarti mengumpulkan, mengukur, mencatat dan melaporkan informasi keuangan. Dengan demikian, dimensi akuntansi berkaitan dengan perilaku manusia dan juga dengan desain, konstruksi, serta penggunaan suatu sistem informasi akuntansi yang efisien. Akuntansi keperilakuan, dengan mempertimbangkan hubungan antara perilaku manusia dan sistem akuntansi, menceminkan dimensi sosial dan budaya manusia dalam suatu organisasi. Ruang lingkup akuntansi keprilakuan sangat luas yang meliputi antara lain:

  1. aplikasi dari konsep ilmu keprilakuan terhadap desain kontruksi sistem akuntansi.
  2. studi reaksi manusia terhadap format dan isi laporan akuntansi
  3. dengan cara mana informasi diproses untuk membantu pengambilan keputusan
  4. pengembangan teknik pelaporan yang dapat mengkomunikasikan perilaku-perilaku para pemakai data.
  5. pengembangan strategi untuk motivasi dan mempengaruhi perilaku,cita-cita serta tujuan dari orang-orang yang menjalankan organisasi pemakaian data.

Lingkup dari akuntansi  keperilakuan dapat dibagi menjadi tiga bidang besar:

  1. pengaruh perilaku manusia berdasarkan desain, kontruksi, dan penggunaan sistem akuntansi, hal ini terlihat pada bagaimana sikap serta fiolosofis dari bagian manajemen dalam mempengaruhi secara alami terhadap budgeting control atau pengendailan keuangan serta memaksimalkan fungsi setiap bagian dalam organisasi/perusahaan
  2. pengaruh sistem akunatnsi terhadap perilaku manusia, hal ini ditandai dari perubahan emosi, motivasi, produktivitas, kepuasan kerja, pengambilan keputusan serta kerjasama tim
  3. metode untuk memprediksi dan strategi unuk mengubah perilaku manusia, yang mana menekankan pada cara agar sistem akuntansi dapat dimanfaatkan untuk mempengaruhi habit atau perilaku manusia.

Sebagai bagian dari ilmu keperilakuan (Behavioral Science), teori-teori akuntansi keperilakuan di kembangkan dari penelitian empiris atas perilaku manusia di organisasi. Dengan demikian, peranan penelitian dalam pengembangan ilmu itu sendiri sudah tidak diragukan lagi. Ruang lingkup penelitian di bidang akuntansi keperilakuan sangat luas sekali, tidak hanya meliputi bidanga akuntansi manajemen saja, tetapi juga menyangkut penelitian dalam bidang etika, auditing (pemeriksaan akuntan), sistem informasi akuntansi bahkan juga akuntansi keuangan.


Sumber: https://www.fmedia.co.id/the-great-ottomans-apk/