Lembaga Budaya

Lembaga Budaya

Lembaga Budaya
Lembaga Budaya

J.J. Hoenigman

budaya dapat dibedakan menjadi 3, yakni gagasan, aktivitas, & artefak.
Gagasan adalah ide yang dihasilkan dari proses berfikir suatu masyarakat. Aktivitas adalah tindakan untuk mewujudkan ide yang telah dihasilkan. Artefak adalah wujud kebendaan berupa karya/benda yang dapat dilihat & didokumentasikan.

Indonesia sebagai sebuah negara

kepulauan mempunyai keberagaman budaya yang khas, keragaman kebudayaan ini merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa yang harus dijaga kelestariannya. Keberagaman budaya bangsa muncul berbagai lembaga adat yang sesuai dengan karakteristik tiap-tiap daerah di Indonesia. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/pancasila-sebagai-dasar-negara/)

Lembaga budaya

adalah lembaga yang berperan dalam perkembangan budaya, ilmu pengetahuan, lingkungan, seni, & pendidikan pada masyarakat di suatu daerah/negara.
Di Sumatera terdapat lembaga adat Minangkabau yang sangat kental dengan kebudayaan Islam. Salah satunya yakni Lembaga Kerapatan Adat Alam Minagkabau (LKAAM). LKAAM adalah organisasi yang dibuat pemerintah daerah Sumatera Barat untuk melestarikan adat & budaya Minangkabau.

Di pulau Jawa terdapat

lembaga adat suku Betawi yang dinamakan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Sementara itu, diwilayah Kalimantan bermukim salah  satu suku yang bernama suku Dayak. Suku Dayak mempunyai lembaga kebudayaan, yakni Lembaga Musyawarah Dayak Kalimantan Selatan (LMMDKS). Keberadaan lembaga itu dimaksudkan untuk menjaga keberadaan masyarakat Dayak, terutama ketika menghadapi persoalan menyangkut nilai-nilai yang  ada di luar adat Dayak.

Masyarakat di Sulawesi

juga memilik lembaga budaya. Salah satu lembaga budaya yang terdapat di Sulawesi adalah lembaga budaya Saoraja. Lembaga budaya ini berusaha membina nilai-nilai budaya daerah sebagai bagian dari budaya nasional. Pembinaan nilai budaya daerah didasarkan pada nilai-nilai luhur & kearifan lokal suku Bugis. Lembaga budaya Saoraja merupakan mitra pemerintah daerah untuk melestarikan nilai-nilai adat & budaya luhur serta pengembangan kebudayaan suku Bugis.
Demikianlah ulasan mengenai Lembaga Budaya, yang pada kesempatan kali ini dapat dibahas dengan lancar. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua & untuk kurang lebihnya mohon maaf. Semoga anda sukses & sampai jumpa!