Kemilau Tari Saman Bikin Tim Tari Mahasiswa RI Raih Juara Umum

Kemilau Tari Saman Bikin Tim Tari Mahasiswa RI Raih Juara Umum

Kemilau Tari Saman Bikin Tim Tari Mahasiswa RI Raih Juara Umum
Kemilau Tari Saman Bikin Tim Tari Mahasiswa RI Raih Juara Umum

Kelompok Tari Mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI)

berhasil membuat Indonesia bangga pertunjukan tarian tradisional Saman asal Aceh dalam ajang 7th World Championship of Folklore. Para kontingen yang mewakili Indonesia ini berhasil meraih juara umum karena memukau para juri dan penonton pada ajang yang berlangsung pada 17–27 Agustus 2017 di Bulgaria.

Rangkaian penghargaan pun berhasil dibawa pulang Tim Tari Kencana Pradipa dari Fakultas Psikologi UI. Di antaranya World Champion untuk kategori Folklore Ensembles, World Champion untuk kategori Folklore Instrumental Group, Gold Medal untuk kategori Folklore Instrumental Group, dan Gold Medal untuk kategori Folklore Ensembles.

Pada malam final, Kencana Pradipa Fakultas Psikologi UI

yang beranggotakan mahasiswa Fakultas Psikologi UI angkatan 2014-2016 berjumlah 32 orang ini bersaing ketat dengan penampilan negara lainnya seperti dari Rusia, Latvia, Kroasia, Iran, dan tuan rumah Bulgaria. Indikator penilaian diantaranya kompleksitas performa, kualitas performa, visual, kostum, stagingdan perilaku panggung.

“Kami berhasil unggul pada poin penilaian kompleksitas dan visual kostum dan panggung. Persiapan yang kami lakukan menuju pertandingan tingkat internasional ini telah berlangsung sejak 1,5 tahun yg lalu, persiapan teknikal tari musik hingga dana usaha,” kata Team Leader Kencana Pradipa Fakultas Psikologi UI, Vinda Manurung dalam keterangan tertulis, Selasa (29/8).

Total ada empat tarian yang dipersiapkan menjelang kompetisi yaitu Tari Saman, Tari Wanoja Bentang dari Sunda, Tari Kembang Selaras dari Betawi, dan Tari Papeda dari Papua. Namun tari Saman paling berjasil memukau para penonton dan dewan juri di sana.

“Kami sangat bangga dapat mempertunjukkan khasanah budaya Indonesia

salah satunya tari tradisional yang begitu beragam ke hadapan penonton dunia,” tegasnya.

Sejak didirikan tahun 2007, Kencana Pradipa Fakultas Psikologi UI telah berpartisipasi dalam kompetisi tingkat nasional dan misi budaya seperti di Spanyol-Portugal (2009), Amerika Serikat, (2010), Brazil (2013), dan Hungaria (2017). Sedangkan, ajang di Bulgaria ini menjadi kompetisi bertaraf internasional pertama yang diikuti oleh Kencana Pradipa Fakultas Psikologi UI.

 

Baca Juga :