Kawah Putih Dipadati Pengunjung

Kawah Putih Dipadati Pengunjung

Kawah Putih Dipadati Pengunjung
Kawah Putih Dipadati Pengunjung

 

Berdasarkan  Pemantauan

Tampak kendaraan berplat B memadati sarana parkir di kawasan wisata Kawah Putih, Ciwidey Kabupaten Bandung.

Sejak tanggal 8 Mei lalu, pihak pengelola mulai melakukan perbaikan sarana dan prasana obyek wisata alam ini. Sejumlah fasilitas dibenahi, mulai dari penyediaan sarana transportasi dari pintu gerbang menuju lokasi Kawah Putih Gunung Patuha, yang berjarak sekitar 5 km dan bisa dicapai dengan waktu tempuh 20 menit dengan menggunakan kendaraan.

 

Peremajaan dan keseriusan pengelola

Mengembangkan wisata Kawah Putih menjadi lokasi wisata yang diunggulkan mau tak mau berdampak pada biaya tiket masuk yang terbilang lumayan mahal.

 

Jika sebelum pemberlakukan tarif baru

Harga tiket per orang hanya Rp 8.000, kini tarif masuk per orang dibandrol harga Rp 25.000. “Tarif ini masuk dalam paket B, termasuk biaya transportasi menuju lokasi kawah putih,” kata salah seorang petugas.

Nah, bila pengunjung menggunakan transportasi sendiri maka masuk dalam Paket A. Biaya yang harus dikeluarkan pun cukup besar, yakni untuk satu kendaraan dengan satu penumpang dipatok harga Rp 165 ribu. Makin banyak penumpang, makin tinggi pula uang tiket yang harus dikeluarkan. Bila satu mobil berisi 7 orang penumpang, maka harga tiket yang dibandrol pun sebesar Rp 275 ribu.

Di lokasi wisata Kawah Putih, pengunjung bisa menikmati pemandangan alam dengan hamparan pasir putih.

Pada musim liburan panjang, lokasi ini menjadi salah satu kawasan wisata yang cukup diminati. “Sekarang, kebanyakan yang datang dari Jakarta. Kalau orang-orang sini (Ciwidey) jadi malas. Biasa murah, ayeuna mahalna kacida (sekarang mahalnya terlalu),” ujar Dede, salah satu warga yang ditemui di lokasi pintu gerbang lokasi wisata Kawah Putih.

Tak hanya lokasi tersebut, kepadatan pengunjung pun terlihat di lokasi pemandian air panas Ciwalini, Ranca Upas, yang lokasinya tak jauh dari pintu masuk lokasi wisata Kawah Putih.

Para pengunjung tampak memadati lokasi pemandian yang terletak di tengah areal perkebunan teh ini. Di sini, pengunjung cukup membeli tiket masuk sebesar Rp 12.000 per orang. Setiap pengunjung diberi bonus berupa beberapa sachet teh Walini yang merupakan produk dari kawasan tersebut.

 

Setiap liburan tiba, lokasi pemandian air panas ini selalu dipadati pengunjung.

Banyak orang yang meyakini bahwa air panas yang mengandung belerang dari Gunung Patuha itu diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tak heran, obyek wisata ini masih menjadi primadona di kala liburan panjang tiba. Anda tertarik?

Menuju lokasi wisata di kawasan Bandung Selatan ini, memang tidaklah sulit. Lokasi Kawah Putih dan kolam pemandian Ciwalini, Ranca Upas dapat ditempuh melalui perjalanan sejauh 46 km atau 2,5 jam dari kota Bandung. Bila Anda memalui jalur tol Cipularang, keluarlah di pintu tol Kopo. Kemudian, berbelok ke kanan menuju arah selatan.

Di akhir pekan, perlu diwaspadai simpul-simpul kemacetan yang bakal ditemui di sepanjang jalur menuju lokasi tersebut, di antaranya di kawasan Sayati dan Margahayu.

Baca Juga :