Jelang Pilkada Situasi Kian Kondusif

Jelang Pilkada Situasi Kian Kondusif

Jelang Pilkada Situasi Kian Kondusif
Jelang Pilkada Situasi Kian Kondusif

BANDUNG-Mendagri, Tjahyo Kumolo dalam salah satu

kegiatan yang berlangsung di Bandung, Sabtu (21/11) mengungkapkan kondisi terkini menjelang pelaksanaan Pilkada serentak, dari laporan pihak Kemendagri ada dalam situasi kondusif.

Dari laporan yang diterima, menjelang dilaksanakannya Pilkada serentak KPU, Bawaslu dan TNI/Polri siap menyelenggarakan Pilkada.

Demikian pula perihal Anggaran seluruh daerah mempunyai anggaran cukup untuk melaksanakan Pilkada serentak.

Sementara itu, untuk di daerah perihal syarat calon

yang menyangkut calon bebas bersyarat juga sudah siap.

Tjahyo, lebih lanjut memaparkan kesiapan logistik juga sudah selesai. Dijadwalkan 25 November 2015, kertas suara telah selesai. Perihal potensi Area konflik kini sudah bisa diantisipasi.

Di tahun 2015, dari 269 daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak prinsifnya sudah siap. Pengawas dari semua elemen juga sudah siap.

Pilkada serentak diharapkan dapat memperkuat pemerintahan predisentil dan memperkuat Otonomi Daerah.Tjahyo, dalam bagian lain keterangannya mengatakan Titik potensi rawan Pilkada dapat diantisipasi melalui pengawasan yang maksimal.

Kerawanan Pilkada terjadi jika ada bencana baik longsor

maupun banjir. Potensi rawan Pilkada juga akan terjadi, ketika Perhitungan suara dan penetapan calon.

Untuk mengantisipasinya, diperlukan pengawasan di tiap-tiap Kecamatan. Rawan Pilkada, ujar Tjahyo juga bisa dipengaruhi, oleh poitic money sehingga Disarankan untuk mengedepankan kampanye dialog. (NR)

 

Baca Juga :