INDONESIA MELAKUKAN REVOLUSI INDUSTRI

INDONESIA MELAKUKAN REVOLUSI INDUSTRI

INDONESIA MELAKUKAN REVOLUSI INDUSTRI

Negara Indonesia juga tidak ketinggalan

dalam rangka memajukan kesejahteraan rakyatnya dengan menggalakkan sistem revolusi industri. Hingga saat ini, negara ini sudah mengalami empat tahapan dalam mengembangkan revolusi industri.

Revolusi industri pertama yang ada di Indonesia dimulai pada akhir abad ke-18. Indonesia setelah merdeka juga sangat perhatian terhadap perkembangan teknologi yang terjadi di berbagai belahan dunia lainnya. Adanya penemuan alat tenun yang terjadi pada tahun 1784 juga turut memicu negara ini untuk melakukan revolusi industri dalam bidang pertekstilan.

Indonesia juga menggunakan mesin uap untuk mempermudah dalam hal pengangkutan hasil produksi dan menggantikan tenaga manusia dan juga hewan dalam menyalurkan hasil produksi. Akibatnya, semakin banyak orang yang menganggur. Hanya saja proses produksi jadi meningkat secara drastis.

Revolusi yang kedua terjadi pada awal abad ke-20. Pada masa itu diperkenalkan metode baru untuk melakukan proses produksi secara massal. Caranya adalah dengan melakukan pembagian kerja. Produksi yang paling utama adalah rumah potong hewan yang berada di Cincinati pada tahun 1870.

Kemudian, pada awal tahun 1970, pemerintah menggalakkan sistem revolusi industri di Indonesia jilid 3. Pembukaan sistem revolusi jilid 3 ditandai dengan penggunaan berbagai macam elektronik dan juga teknologi yang berkaitan dengan komputerisasi untuk mengoptimalkan hasil produksi.

Jadi ada banyak sekali pengendalian sistem teknologi dengan menggunakan berbagai macam program. Pengontrolan logika secara program yang pertama yaitu dengan menggunakan modem yang disebut PLC. Penerapan teknologi ini membuat mesin yang biasanya dikendalikan dengan menggunakan manusia, tidak lagi membutuhkan bantuan operator.

Dampaknya adalah pengangguran menjadi semakin meningkat. Hanya saja biaya produksi menjadi semakin murah, karena tidak perlu lagi membayar upah kepada tenaga kerja. Selesai dengan pembahasan revolusi industri jilid 3 yang sudah berlalu, saat ini seluruh rakyat Indonesia sedang menghadapi revolusi industri jilid 4.

Untung saja pada revolusi industri jilid 4 ada banyak sekali lapangan kerja baru yang dibuka. Revolusi industri jilid ini ditandai dengan digunakannya sistem cyber-physical. Sistem ini berkaitan dengan dunia virtual yang berupa konektivitas antara manusia, mesin, dan juga data.

Revolusi Industri jilid 4 ini diharapkan mampu mengurangi jumlah pengangguran, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan juga mempertipis jarak kesenjangan sosial. Selain dari teknologi tersebut, ada banyak sekali teknologi lainnya yang juga mengalami pembaharuan.


Sumber: https://www.slimmingcapsule.co.id/beyond-oasis-classic-apk/