Gerakan Yoga Untuk Postur Tubuh Ideal

Postur yang buruk untuk waktu yang lama dapat menyebabkan sakit punggung. Selain itu, postur melenturkan juga dapat membuat Anda lebih mudah stres dan memperparah efek stres. Inilah mengapa penting untuk memperbaiki postur tubuh. Tanpa postur yang baik, manusia bahkan tidak dapat dikatakan sehat secara fisik atau mental.

Nah, jangan khawatir! Berbagai gerakan yoga sederhana di bawah ini dapat membantu Anda memperbaiki postur tubuh Anda, menjaganya tetap baik saat Anda duduk, berdiri atau berbaring untuk tidur.

Gerakan Yoga

Berbagai postur yoga mudah untuk memperbaiki postur
1. Pose gunung

Sumber: Jurnal Yoga
Gerakan yoga ini melatih tubuh untuk berdiri dengan sempurna.

Begitulah caranya:

Mulailah dengan bersantai sambil menekan kedua kaki Anda bersama-sama.
Kemudian tarik bahu Anda ke belakang sambil menggembungkan dada Anda ke depan. Jaga agar lengan Anda tetap di samping dengan siku sedikit ditekuk dan telapak tangan menghadap ke depan.
Rentangkan leher ke atas, jaga kepala dalam posisi vertikal dengan pandangan perspektif. Rasakan punggung Anda kencang saat Anda memastikan tulang belakang Anda benar-benar lurus.
Tahan posisi ini selama beberapa saat sambil melakukan napas dalam dan lambat 5-10.
2. Pemasangan jembatan

Sumber: Jurnal Yoga
Pose jembatan juga merupakan gerakan yang tepat untuk memperbaiki postur tubuh. Gerakan ini membantu meluruskan dan menguatkan tulang belakang, jadi jangan bersandar dengan mudah.

Begitulah caranya:

Berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk dan jaga tangan lurus di samping tubuh. Jaga agar telapak kaki rata di lantai
Tarik napas dalam-dalam dan perlahan, angkat pinggul Anda sehingga posisi tubuh Anda miring seperti yang ditunjukkan di atas.
Jaga pinggul Anda di udara sambil menjaga tangan Anda di bawah punggung. Pastikan siku Anda lurus, jangan membungkuk atau mengangkatnya dari lantai.
Tahan pose ini selama 3-4 kali nafas panjang. Kemudian turunkan pinggul Anda lagi.
Ulangi 2-5 kali lagi.
3. Mendukung pesawat

Sumber: kesehatan
Begitulah caranya:

Berbaringlah, lalu tekuk lutut Anda. Jaga agar telapak kaki rata di atas tikar atau di lantai.
Ambil napas dalam-dalam dan perlahan-lahan angkat tubuh Anda menggunakan dukungan dari kedua tangan. Pastikan telapak tangan menghadap ke kaki Anda, seperti pada foto di atas.
Saat tubuh terangkat, buang napas perlahan.
Pertahankan bagian belakang, pinggang, pinggul, hingga bokong tetap lurus. Tulang belakang harus selurus mungkin
Tahan selama 3-5 napas panjang.
Ulangi gerakan ini 2-3 kali.
4. Menempatkan papan

Papan adalah salah satu gerakan yoga yang dapat memperkuat otot inti untuk membantu meningkatkan postur tubuh.

Begitulah caranya:

Mulailah berbaring tengkurap, luruskan kembali kaki Anda.
Dorong lengan Anda ke atas sehingga mereka benar-benar lurus untuk mengangkat dan menopang tubuh Anda di udara. Pastikan hanya jari kaki Anda yang menyentuh matras.
Jaga kepala, leher, punggung, bokong sampai kaki Anda tetap lurus.
Pegang papan selama 30-60 detik.
5. Pose prajurit

Sumber: Arto Living
Gerakan yoga ini membutuhkan banyak kekuatan untuk menjaga tulang belakang tetap lurus. Pose Warriro juga sangat berguna untuk meregangkan otot-otot punggung, pinggang, dan bahu.

Begitulah caranya:

Mulailah berdiri tegak dengan kedua kaki bersatu.
Gerakkan kaki kiri sebanyak mungkin dan perlahan-lahan turunkan tubuh sehingga kaki depan ditekuk untuk membentuk sudut 90 derajat seperti pada gambar di atas. angkat lengan ke atas untuk sejajar dengan punggung Anda.
Seret kaki kanan ke belakang sejauh mungkin. Pastikan lutut kanan lurus.
Tahan posisi ini selama 20 detik, angkat perlahan tubuh Anda untuk kembali ke posisi awal. Jadi lakukan dengan leg selanjutnya.
6. Anjing menghadap ke atas

Pose ini sangat berguna untuk membuka bahu dan dada serta memperkuat tulang belakang.

Begitulah caranya:

Berbaringlah di atas matras, letakkan telapak tangan terlipat di lantai di pinggang.
Angkat tubuh Anda dengan meregangkan lengan ke atas. Pastikan lengan Anda tegak lurus dengan lantai dan tarik bahu Anda ke belakang.
Tahan posisi seperti pada gambar di atas selama 2-4 kali nafas panjang. Jangan biarkan paha, lutut, pinggang menyentuh matras. Hanya telapak tangan yang menempel pada matras, sebagian kecil dari punggung kaki dan jari kaki.
Turunkan tubuh di atas matras dan ulangi hingga 2-3 kali.

Baca juga: