Gerakan aman untuk penderita lordosis

Pasien dengan lordosis memiliki tulang belakang yang melengkung berlebihan. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan dan mengubah postur tubuh secara permanen. Untungnya, ada beberapa gerakan olahraga yang dapat dilakukan oleh penderita lordosis untuk mencegah efek ini menjadi lebih buruk.

Gerakan aman untuk penderita lordosis

Gerakan olah raga untuk penderita lordosis harus mampu memperkuat otot-otot punggung, panggul dan otot-otot lain yang berperan bahkan ketika tubuh berputar. Gerakan-gerakan ini juga harus cukup aman untuk mengurangi risiko cedera.

Beberapa gerakan olahraga yang disarankan untuk penderita lordosis meliputi:

1. Panggul yang duduk miring dengan bola

Sumber: YouTube
Latihan ini bermanfaat untuk mengembalikan postur dan memperkuat otot perut, bokong, dan punggung. Persiapkan bola yang cukup besar untuk duduk tegak dengan lutut tegak.

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

Duduk di atas bola dengan kedua kaki menyentuh lantai. Buka kaki selebar bahu, lalu duduk lurus dan rileks.
Lipat ke depan dan tahan selama 3 detik.
Kemudian, luruskan tubuh dan tarik tulang ekor ke depan. Tahan selama 3 detik.
Lakukan 10 kali (1 set), lalu ulangi 3 set.
2. Sit-up
Gerakan latihan ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan menstabilkan kehidupan pasien lordosis. Cukup siapkan kasur yang bersih dan nyaman, lalu ikuti langkah-langkah ini:

Sambil berbaring telentang, tekuk lutut Anda sehingga berada pada sudut 90 derajat. Jaga kaki Anda di lantai.
Silangkan tangan Anda di atas dada atau tempelkan di belakang kepala. Kemudian, angkat tubuh lebih dekat ke paha.
Perlahan-lahan turunkan tubuh ke lantai.
Untuk memulai, lakukan 10-20 sit-up. Anda dapat menambahkan hingga 50 kali setelah terbiasa.
3. Jongkok

Sumber: Runtastic
Squat adalah salah satu gerakan olahraga paling sederhana untuk penderita lordosis. Gerakan ini akan memperkuat semua otot inti dan memperbaiki postur tubuh. Berikut langkah-langkahnya:

Berdirilah dengan kedua kaki selebar bahu.
Jaga kedua tangan ke depan, lalu jaga jari Anda.
Sambil tetap menghadap ke depan, turunkan diri Anda seolah-olah Anda sedang duduk di kursi. Terus turunkan sampai paha lurus.
Pertahankan posisi lutut dan kaki Anda.
Untuk kembali ke posisi semula, dorong tubuh ke atas, bersandar pada tumit.
Ulangi 10-20 kali.
4. Meletakkan kucing

Sumber: Jurnal Yoga
Jika Anda mencari jenis olahraga yang aman dan efektif untuk penderita lordosis, yoga adalah jawabannya. Secara khusus, kucing dapat meningkatkan fleksibilitas leher, bahu, punggung, pinggang dan perut.

Langkah-langkahnya sederhana, yaitu:

Mulailah dengan posisi seperti pemindaian. Pastikan lutut Anda berada di bawah pinggang dan tangan Anda diletakkan di lantai. Jaga agar kepala tetap rileks dengan mata terpejam di lantai.
Saat Anda mengeluarkan napas, tekuk punggung Anda ke atas. Jaga agar bahu dan lutut tetap di tempat.
Tarik napas saat Anda kembali ke posisi semula.
Ulangi beberapa kali dengan gerakan santai.
5. Sit-up perut

Sumber: Be Fitness
Gerakan latihan ini bermanfaat untuk meningkatkan posisi pinggul pada pasien dengan lordosis. Pinggul yang condong ke depan perlahan-lahan dapat kembali ke posisi semula.

Persiapkan kasur, lalu ikuti langkah-langkah ini:

Berbaringlah telentang dengan kaki ditekuk dan kaki rata di lantai. Silangkan tangan Anda di dada atau tempelkan di belakang kepala.
Tarik napas, lalu buang napas. Saat Anda mengeluarkan napas, dorong punggung Anda (menggunakan otot perut Anda).
Angkat kepala dan bahu Anda beberapa inci dari lantai. Pertahankan posisi punggung dan perut.
Kembali ke posisi awal yang rileks, lalu ulangi krisis 10 kali (1 set).
Lakukan 3-5 seri setiap hari.
Beberapa gerakan olahraga sangat efektif dalam memperbaiki postur dan memperkuat otot-otot pasien lordosis. Namun, Anda tetap perlu memprioritaskan kondisi tubuh Anda saat melakukan gerakan ini.

Jika tubuh Anda terasa sakit, cobalah gerakan yang lebih ringan terlebih dahulu. Hindari gerakan yang memperparah rasa sakit dan berkonsultasi dengan dokter jika kondisi Anda memburuk.