Flint OS – Sistem Operasi Ringan Berbasis Chromium OS

Flint OS – Sistem Operasi Ringan Berbasis Chromium OS

 

Flint OS - Sistem Operasi Ringan Berbasis Chromium OS
Flint OS – Sistem Operasi Ringan Berbasis Chromium OS

Ada yang belum tahu apa itu Chromium OS? Chromium OS adalah sebuah proyek sistem operasi sumber terbuka (open source) yang diprakarsai oleh Mbah Google. Chrome OS adalah versi proprietary (kepemilikan) dari Chromium OS yang digunakan di Chromebook, Chromebase, dan Chromebox.

Chromium OS memang dirilis kodenya secara open source, namun untuk mengemasnya menjadi sebuah sistem operasi utuh, kamu mungkin akan merontokkan banyak rambut karena harus berpusing ria ketika mengcompilenya sendiri.

Untungnya, ada beberapa kelompok orang yang dengan baik hati mengcompile kode sumber Chromium OS menjadi satu file ISO utuh yang siap digunakan.

Salah satunya adalah Flint OS. Walaupun menggunakan nama Flint OS, sejatinya OS ini hampir sama persis dengan

Chrome OS. Mungkin perbedaannya hanya sedikit sekali.

Untuk Komputer dan Raspberry Pi

Flint OS bisa kamu install dan gunakan pada komputer dan laptop berbasis x86. Kamu yang punya Rasperry Pi juga bisa mencicipi OS ringan ini.

Flint OS, menawarkan kelebihan-kelebihan yang sama dengan Chrome OS. Seperti waktu booting yang sangat cepat. Waktu booting yang cepat ketika menggunakan Flint OS karena sistem operasi ini sejatinya hanya membawa sedikit sekali aplikasi bawaan.

Flint OS hanya “berisi” sebuah penjelajah file dan browser (Chromium). Hal itulah yang membuatnya bisa menyala dengan cepat. Tidak ada aplikasi-aplikasi lain yang perlu dijalankan seperti ketika kamu menggunakan, ehm, Windows misalnya.

Beberapa aksesoris komputer seperti keyboard dan mouse juga bisa berfungsi dengan baik di Flint OS tanpa menginstall aplikasi-aplikasi tambahan. Berdasarkan pemaparan dari website resminya, tim pengembang juga sedang bekerja untuk menghadirkan aplikasi android di Flint OS.

Seperti yang kita ketahui, saat ini Chrombook, Chromebase, dan Chromebox sudah bisa menjalankan aplikasi

android secara native. Pasti akan sangat menyenangkan jika suatu saat Flint OS juga bisa digunakan untuk menginstall aplikasi android.

Kelebihan lainnya yaitu baterai laptop kamu akan dapat bertahan lebih lama. Itu karena aplikasi-aplikasi yang kamu gunakan di Flint OS adalah aplikasi web. Yang secara teori, lebih memakan sedikit memori dan baterai daripada aplikasi desktop.

Download Flint OS

Untuk mendownload Flint OS, kamu bisa langsung mengunjungi halaman download di website resminya. Tersedia

dua jenis file yang bisa di download, yaitu untuk Raspberry Pi dan komputer / laptop.

Jika kamu bosan dengan OS kamu yang sekarang, rasanya Flint OS bisa jadi “mainan” baru kamu. Bahakan bukan cuma mainan, kamu juga bisa menggunakan Flint OS untuk bekerja.

Selamat mencoba.

Sumber:

https://galleta.co.id/pit-stop-racing-apk/