Contoh Teks Pidato

Pengertian

Pidato adalah tindakan berbicara kepada seseorang untuk menyampaikan sesuatu. Biasanya kegiatan tersebut membuat seseorang berpidato di depan umum. Berkomunikasi dalam pidato adalah ide atau gagasan. Untuk lebih jelasnya, kita perlu memahami beberapa contoh pelajaran short talk.

Dalam dialog, yang penting adalah pembukaan, lalu isi, dan yang terakhir adalah penutup. Di bagian konten, teks percakapan bergantung pada konteksnya. Misalnya, jika Anda memberikan ceramah pada acara tahunan di Cartini Day, isi ceramahnya adalah tentang Cartini Day.

Ada berbagai jenis teks dialog dengan judul berbeda. Bagi siapa pun yang mencari referensi untuk contoh teks lisan, penting untuk membaca petunjuk di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh teks dialog berikut.

Contoh struktur pidato 

contoh teks pidato

A. Pembukaan

1. Salam

Struktur pertama yang terkandung dalam teks lisan adalah pembukaan. Bagian pembuka berisi salam pembuka. Salam harus ditempatkan di awal pidato atau di awal pidato, dan itu adalah awal.

Contoh Salam:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi. Selamat kepada para siswa dan guru di SMA1 Bandung.

2. Menghormati

Bagian pendahuluan selanjutnya adalah penghargaan. Salam biasanya dimulai dengan referensi ke orang dengan peringkat tertinggi yang berpartisipasi dalam percakapan. Misalnya, jika Anda memberikan ceramah di sekolah, salam dapat dimulai dengan cerita tentang seorang kepala sekolah yang berpangkat tinggi, para guru, dan terakhir teman-teman yang hadir.

Contoh Pesan Ucapan:

Kepala SMA Negeri 1 Bandung, Shri. Nanan Noorhani SPD Hormat saya, bapak ibu guru dan staff SMA Negeri 1 Benteng Bandung serta teman-teman yang terkasih.

3. Terima kasih

Bagian pembuka selanjutnya adalah Thanksgiving. Pada bagian ini biasanya kami berterima kasih kepada para pembicara (pembicara) karena telah bergabung dengan audiens terdekat kami.

Terima kasih Contoh:

Kami datang ke sini dan berdoa untuk rahmat dan belas kasihan Tuhan. Ingatlah rasa hormat dan salam yang kami berikan kepada Nabi Muhammad yang agung (saw). Ingat teman-temannya dan kita di hari-hari terakhir.

B. Isi percakapan

Struktur kedua setelah pembukaan adalah isi percakapan. Pada bagian Isi Percakapan, pemateri menyampaikan inti dari wacana yang sedang diberitakan.

Contoh konten audio:

Kali ini saya ingin memberikan ceramah tentang manfaat teknologi. Di zaman ini, banyak teknologi baru telah diciptakan untuk menyederhanakan cara kita hidup di zaman ini. Kompleksitas ini dapat menghemat waktu dan mempercepat pekerjaan Anda. Namun, masih ada orang yang menerima atau bereaksi negatif karena berbagai alasan. Misalnya, teknologi saat ini secara tidak langsung menghilangkan budaya keseharian yang ada.

Hadirin sekalian, kami mendapatkan banyak manfaat nyata dari penggunaan teknologi. Misalnya, Anda dapat berkomunikasi dengan kerabat dan keluarga di tempat yang jauh melalui ponsel. Mencuci pakaian dengan mesin cuci, menanak nasi dengan penanak nasi listrik, yang disebut penanak nasi membuat pekerjaan rumah lebih mudah. Bahkan internet sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Biasanya digunakan untuk mencari informasi dan menghindari penat, seperti bermain game yang ditawarkan di Internet.

Dalam kutipan teks di atas, terlihat bahwa dua paragraf berisi poin-poin penting yang perlu diperhatikan: Pencapaian Teknis.

C. Ringkasan

Struktur terakhir adalah sampulnya. Bagian terakhir diakhiri dengan pokok-pokok pembicaraan. Dari waktu ke waktu, pembicara juga memberikan instruksi kepada orang lain.

Contoh Sampul:

Kekuatan dan kelemahan teknologi bergantung pada orang yang menggunakannya. Kami berharap bisa digunakan sesuai dengan kualifikasi dan keperluan teknologinya. Pastikan tidak ada penyalahgunaan yang dapat merugikan Anda atau orang lain.

Jadi, saya membuat pidato ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Maaf jika kata tersebut salah. Wabillahita aufik walhidaya. Assalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah

Selamat pagi. Selamat pagi untuk semua yang hadir.

Saya berterima kasih kepada Tuhan karena memberi saya berkah yang luar biasa ini. Jangan lupa untuk bersyukur karena Anda dapat menikmati udara segar bahkan di pagi yang cerah. Izinkan saya membuat pidato perpisahan dalam keadaan tertawa dan simpati ini.

Jumlah detik yang sangat singkat yang dibutuhkan untuk mencapai waktu pemisahan ini. Kesedihan dan kegembiraan kini menyelimuti hati kami. Saya memiliki banyak pengalaman berharga selama tiga tahun saya menghadiri sekolah ini. Kami berharap para guru akan membantu kami di kehidupan selanjutnya.

Untuk teman-teman, saya berterima kasih kepada semua guru. Saat kita belajar di sini, kita tahu bahwa banyak kesalahan telah dibuat, baik disengaja maupun tidak. Kami sangat berharap ketulusan dan keikhlasan semua guru menjadi doa kita untuk sukses.

Tempat ini menjadi saksi pertemuan yang sangat luar biasa dan abadi. Kami semua tidak ada yang bisa dilakukan, tapi kami hanya bisa berharap sekolah ini akan berkembang di masa depan. Jangan lupa kirim pesan ke saudara kita tersayang. Melalui ini, penelitian mereka menjadi lebih aktif dan antusias.

Ini adalah pidato perpisahan yang bisa saya berikan. Sekali lagi, saya ingin berterima kasih kepada semua orang dan meminta maaf atas kesalahan kata-kata. Jika ada kekurangan kami mohon maaf. Hanya SWT Tuhan yang sempurna.

വാസലാമുലൈകം വരാഹ്മത്തുള്ള വബരകതു.