contoh proposal

contoh proposal

contoh proposal
contoh proposal

Di era globalisasi ini, pemanfaatan internet sangat berguna bidang kehidupan manusia

baik dalam dunia bisnis, politik, ekonomi maupun institusi pendidikan yang kini hampir seluruhnya telah mempunyai fasilitas internet dan website sebagai salah satu bentuk pelayanan informasi kepada masyarakat umum.

Website itu sendiri adalah salah satu bentuk media massa yang publikasinya melalui jaringan internet, website ini dapat diakses 24 jam dan dari belahan bumi manapun. Kelebihan lain dari publikasi melalui website adalah kemampuan interaktif dan penyebarannya yang sangat cepat.

Melalui website, sebuah usaha dapat mempublikasikan profil usahanya dan dapat memberikan kemudahan kepada customer dalam mencari informasi dan juga sebagai ajang promosi kepada masyarakat / customer.

Latar Belakang

            Perkembangan dunia informasi dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan dan perkembangan. Hal tersebut didukung dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju dan memadai. Sehingga informasi dapat diakses secara cepat, tepat, terkini, serta akurat. Selain berdasarkan pada hal tersebut, penyajian suatu informasi juga perlu mendapatkan perhatian serius untuk menarik costumer.

Pada CV. Mega Sablon adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang percetakan atau Advertising. Perusahaan tersebut mendapat permasalah yang sering timbul diakibatkan promosi atau informasi yang masih menggunakan brosur, banner dan pamplet yang diberikan kepada masyarakat disekitarnya masih dirasakan kurang. Yang menjadi kelemahan adalah perusahaan kesulitan dalam penyampaikan informasi tentang produk-produk yang dipasarkan. Selain itu transaksi yang dilakukan di dalam perusahaan juga kurang optimal, dikarenakan costumer tidak bisa datang langsung karena kurangnya waktu luang sehingga customer lebih memilih perusahaan lain.

Tujuan

Bedasarkan permasalahan ini dengan menganalisa gejala-gejala tersebut, kami dapat menarik kesimpulan mengenai suatu peluang pengembangan sistem informasi percetakan dengan membuat website sebagai media optimalisasi promosi bagi CV. Mega Sablon. Tujuan website ini bukan hanya mempromosikan suatu produk tetapi website ini juga bisa memesan produk secara online(e-commerce). Dengan menggunakan, Macromedia Dreamweaver CS5, Macromedia Flash CS5 dan MYSQL. Website tersebut diharapkan dapat membantu dan meningkatkan penyampaian informasi, serta memudahkan customer untuk pemesanan secara online.

 Rumusan Masalah

            Aplikasi ini dibuat untuk memberikan informasi tentang pencetakan barang dan produksi apa saja yang dapat dipesan, dan disertai dengan harga sub total dari masing-masing barang serta total dari keseluruhan barang yang dipesan dan customer bisa memesan produk secara online di website tersebut.

Ruang Lingkup Proyek Sistem

            Proyek sistem informasi percetakan pada CV. Mega Sablon yang akan dikembangkan memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai berikut:

  • Menganalisis setiap prosedur-prosedur yang berhubungan dengan contoh-contoh produk, pemesanan, pembayaran, dan pelaporan costumer.
  • Mendesain sebuah sistem yang mendukung dari sebuah sistem serta menunjang kemampuan dari sistem ini.
  • Membuat sebuah program yang mengimplementasikan sistem informasi percetakan
  • Menerapkan serta melakukan percobaan sistem informasi ini sampai dengan penerapan sistem informasi ini secara memuaskan.

Keuntungan Pengembangan Sistem

Manfaat dari pengembangan sistem ini adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pelayanan kepada costumer CV. Mega Sablon
  2. Memudahkan pelanggan dalam memesan produk atau order
  3. Memudahkan dalam promosi produks CV. Mega Sablon
  4. Memperluas wilayah usaha/pasar
  5. Meningkatkan laba keuangan pada CV. Mega Sablon

Waktu Pelaksanaan Proyek

Kegiatan dan waktu pelaksanaan Mei

1       2       3       4

Juni

1         2        3        4

Juli

1        2        3        4

Analisis Kebutuhan
Design fungsi
Pemograman
Pengujian
Instalasi
Pelatihan
Pemeliharaan
Dokumentasi

 

 PROSES PENGERJAAN

            Proses ini menjelaskan bagaimana tim kami berkerja dalam membangun website ini. Akan dijelaskan dalam sub bab yang tertera dibawah ini.

Rancangan Biaya

            Proses pembayaran dilakukan pertama kali dengan DP sebesar 50% dari harga yang sudah dirincikan. Selanjutnya setelah pembayaran DP selesai maka, tim pengembang akan memulai mengerjakan aplikasi ini. Setelah aplikasi selesai dibuat sisa pembayaran harus segera dilunasi kemudian tim pengembang bisa langsung mengimplimentasikan sistem berbasis website ini.

Adapun rincian biayanya sebagai berikut :

1)      Biaya Pengerjaan :

No. Perincian Biaya ( Rupiah )
1 Analisis kebutuhan 1.300.000
2 Design Fungsi 1.000.000
3 Pemograman 3.000. 000
4 Pengujian 100.000
5 Instalasi 100.000
6 Pelatihan 350.000
7 Pemeliharaan 400.000
8 Dokumentasi 300.000
9 Transportasi 150.000
10 Biaya tak terduga 200.000
Jumlah 6.900.000

*Biaya yang tertera dapat dinegosiasi dan kami mempermudah cara pembayaran dengan angsuran.

2.2           Tenaga Pelaksana

            Untuk mengembangkan sistem Informati Percetakan berbasis website, maka dibutuhkan tim pengembang yang kompeten di bidangnya masing-masing, sebagai berikut:

  • Project Manager dan System Analisis : Richie Marciano
  • Programmer and Database Administrator (Software Engineering) : Bagus Sedayu and M.Ihsan
  • Graphic Design:  Evalina S

2.3           Metodologi

            Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek Aplikasi Sistem Informasi Percetakan Berbasis Web, akan ditempuh dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Analisis Kebutuhan

            Mempelajari proses-proses dan indentifikasi data-data yang dibutuhkan, dalam perancangan suatu aplikasi informasi percetakaan berbasis web. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam hal ini untuk meningkatkan pelayanan efesiensi dan keputusan.

  • Desain Fungsi

            Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari Context DiagramData Flow Diagram (DFD), desain file, desain tabel, relasi tabel dan sebagainya sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.

  • Pemograman

            Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama pengerjaan dan jumlah baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.

  • Pengujian

            Melakukan beberapa testing dengan  uji prilaku (behavior testing), focus terhadap input dan output, dan testing terhadap fungsionalitas sistem.

Sumber : https://jeffmatsuda.com/arti-sinonim-antonim-dan-homonim/