Cara penggunaan sumber

 Cara penggunaan sumber

daya alam oleh manusia yang dapat dipertanggungjawabkan dengan cara sebagai berikut.

  1. Selektif, yaitu memilih, menggunakan, dan mengusahakan sumber daya alam dengan sungguh-sungguh untuk kepentingan kehidupan.
  2. Menjaga kelestarian. Untuk menggali dan mengolah sumber daya alam perlu menggunakan teknologi maju sehingga memungkinkan terpeliharanya kelestarian.
  3. Menghemat. Perlu dihindarkan pemborosan dalam mengolah sumber daya alam.
  4. Memperbarui.
  5. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui Disebut sumber daya alam yang dapat diperbarui, sebab alam mampu mengadakan pembentukan sumber daya alam baru dalam waktu relatif cepat. Dengan demikian sumber daya alam ini tidak habis.
  6. Sumber daya alam hayati merupakan sumber daya alam alami yang dapat diperbarui, tetapi pelestariannya tergantung kepada manusia. Dalam memanfaatkan sumber daya alam hayati terdapat dua pilihan, yaitu mengambil hasil dengan memikirkan kelestariannya atau mengambil hasil sebanyak mungkin tanpa memikirkan kelestariannya.
  7. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui terdapat dalam jumlah yang relatif tetap sebab tidak ada penambahan atau pembentukannya sangat lambat dibanding dengan umur manusia. Pembentukannya kembali memerlukan waktu ratusan bahkan jutaan tahun. Akibatnya pemakaian yang terus-menerus akan menyebabkan sumber daya alam ini dapat habis. Contoh: minyak bumi, batu bara, dan mineral-mineral.
  8. Sumber Daya Alam adalah semua kekayaan bumi, baik biotik maupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia, misalnya: tumbuhan, hewan, udara, air, tanah, bahan tambang, angin, cahaya matahari, dan mikroba (jasad renik).
  9. Sumber Daya Alam Menurut Suryanegara (1977) mengatakan bahwa secara definisi sumber daya alam adalah unsur – unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi  kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.
  10. Katili (1983) mengemukakan bahwa sumber daya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.
  11. Sumber Daya Alam Menurut Ireland 1974 dalam soerianegara, 1977, adalah keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.
  12. Sumber Daya Alam Menurut Isard (1972 dalam Soerianegara, 1977) mendefinisikannya sebagai keadaan lingkungan dan bahan-bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kesejahteraannya
  13. Menurut Nurmala Dewi, pengertian sumber daya alam (Natural Resources) adalah semua kekayaan bumi baik yang bersifat biotic ataupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia.
  14. Menurut Joffe dan Marbut tanah adalah tubuh alam tau di sebut juga natural body, yang terbentuk dan berkembang sebagai akibat dari bekerjanya gaya-gaya alam (natural forces) terhadap bahan-bahan material alami (natural material) yang ada di permukaan bumi.
  15. Deskripsi atau gambaran tentang tanah yaitu :
  16. Tanah terbentuk atau berkembang dari serangkaian proses-proses alami yang terjadi di alam.
  17. Tanah atau tubuh alam ini secara alami terbagi menjadi lapisan-lapisan mineral ataupun bahan organik tanah. Setiap lapisan memiliki kedalaman yang beragam.
  18. Lapisan-lapisan mineral dan bahan organik tanah yang terbentuk ini memiliki sifat yang sangat berbeda dengan bahan induk tanah, baik sifat morfologi, kimia, fisik maupun biologi tanahnya.

 

sumber :

https://9apps.id/