Cara Memuji Anak Tanpa Harus Berlebihan

Cara Memuji Anak Tanpa Harus Berlebihan

Tidak terdapat yang salah dengan memuji anak. Di samping menghargai dan menciptakan mereka merasa dicintai, lumrah bila orang tua hendak mengekspresikan rasa sayang mereka. Nah, ini lima (5) teknik memuji anak tanpa mesti berlebihan:

>> Memuji dengan dalil yang jelas dan tidak superfisial.
Hindari terlampau memuji anak dengan dalil superfisial, contohnya bersangkutan dengan alangkah tampan dan cantiknya wajah mereka. Justru, Anda mesti rajin mengingatkan bahwa anak yang baik ialah anak yang tetap berperilaku baik terhadap sesama, bahkan tanpa bercita-cita dipuji.

>> Memuji ketika anak benar-benar melewati masalah dengan usaha sendiri.
Bila memuji anak sebab hal-hal yang telah jelas dapat mereka lakukan, rasanya tidak perlu. Ini juga dapat menyebabkan mereka cepat puas dan tak mau mencoba hal-hal beda yang belum pernah mereka pelajari.

Namun, bila memuji mereka karena sukses melalui masalah dengan usaha sendiri lebih baik. Contoh: bila awalnya si kecil membenci matematika sebab memandangnya susah, Anda dapat terus mendorongnya supaya tetap berusaha.

>> Memuji tanpa membanding-bandingkan dengan anak lain.
Hindari memuji anak dengan mengambil misal anak beda sebagai perbandingan. Ini sama saja dengan menanamkan sifat superior dan bibit permusuhan. Bayangkan bila suatu ketika si kecil kalah berlomba sama anak yang semula jadi perbandingan. Salah-salah dapat timbul rasa benci yang sebetulnya tidak beralasan.

> Memuji tanpa mesti melakukannya di depan saudara mereka.
Apakah saat tersebut orang tua sedang kesal dengan ulah si kakak atau adik? Hindari melampiaskannya dengan memuji satu anak, tetapi dengan destinasi menjatuhkan mental anak lain. Yang dapat terjadi, orang tua justeru mengadu kambing anak-anak mereka sendiri. Mereka bakal saling berlomba dengan rasa iri dan benci.

Sumber : https://www.tuugo.biz/Redirect?nextPage=https://www.pelajaran.co.id