CARA MELATIH MOTORIK ANAK SEJAK DINI

CARA MELATIH MOTORIK ANAK SEJAK DINI

Ibu, kendati Si Kecil secara bertahap akan melewati fase demi fase pertumbuhan motorik, orang tua yang ikut menemani pasti akan meningkatkan rasa percaya diri dan kasih sayang dalam diri Si Kecil. Ada sejumlah cara yang Ibu dapat lakukan guna menstimulasi motorik Si Kecil sebagai berikut:

Melatih Tengkurap
Salah satu teknik untuk menstimulasi pertumbuhan motorik Si Kecil ialah dengan mengajar Si Kecil guna tengkurap.Pada umur 6 minggu sampai 1 bulan, Ibu mesti menyangga bagian kepala dan leher saat menggendong Si Kecil. Sekitar umur 1-3 bulan, sesekali mengembalikan badan Si Kecil atau membuatnya tengkurap, Si Kecil untuk mengajar kekuatan otot leher. Si Kecil bakal belajar mengusung kepala dan dada bertumpu pada kedua tangannya. Dengan sendirinya, ia bakal belajar tengkurap. Gerakan ini dibutuhkan untuk mengajar otot-otot Si Kecil pada unsur lehernya.

Melatih Merangkak
Salah satu teknik untuk menstimulasi pertumbuhan motorik Si Kecil ialah dengan mengajar Si Kecil guna merangkak. Setelah Si Kecil mulai belajar tengkurap, di umur sekitar 6 bulan, Si Kecil bakal mulai mengupayakan berguling-guling dan merangkak supaya bisa beralih tempat. Ibu dapat mendorong atau menstimulasi dengan menunjukkan mainan supaya ia tertarik mendekat sambil merangkak. Tempatkan pula bantal sebagai penghalang untuk mengajar ketangkasan dan rasa percaya diri Si Kecil saat merangkak.

Melatih Duduk
Cara guna menstimulasi pertumbuhan motorik Si Kecil selanjutnya ialah dengan mengajar Si Kecil guna duduk. Tahapan mengajar duduk pada Si Kecil di dekat usia 4-7 bulan, tepatnya ketika Si Kecil sudah dapat berguling-guling dan menyangga kepala dengan kuat. Di umur 8 bulan, bahkan Si Kecil sudah dapat duduk sendiri tanpa pertolongan orang tua. Untuk mengajar posisi duduk, ibu dapat mencoba trik ini:

Cobalah menyuruh Si Kecil bermain sampai-sampai kepalanya bergerak ke bawah dan ke atas untuk mengajar kekuatan otot leher. Misalnya, menempatkan mainan di lantai, kemudian mainan diusung sehingga Si Kecil mendongakkan kepala mengekor gerakan tangan ibu.

Cara kedua guna menyeimbangkan posisi duduk Si Kecil. Dudukkan Si Kecil, lantas tempatkan mainannya di dekat Si Kecil namun di luar cakupan Si Kecil sampai-sampai Si Kecil akan mengupayakan meraih mainan tersebut.

Melatih berjalan
Salah satu teknik untuk menstimulasi pertumbuhan motorik Si Kecil yang terakhir ialah dengan mengajar Si Kecil guna mulaiberjalan.Si Kecil umur 9-12 bulan bakal belajar melangkah guna kesatu kali. Sebelum berjalan, pada umur 8 bulan Si Kecil akan mengupayakan fase berdiri dengan berpegangan pada benda-benda yang sedang di sekitarnya. Ibu dapat mengajar dengan teknik memegang kedua tangan Si Kecil atau memberi alat tolong berjalan laksana mainan yang dapat didorong dan sejenisnya. Ajari pula Si Kecil guna menekuk lutut supaya ia dapat mencoba duduk pulang usai berdiri atau berjalan. Si Kecil bakal mulai berdiri saat kakinya telah kuat menopang tubuhnya ketika berjalan.

Itulah sejumlah cara yang dapat ibu kerjakan untuk menstimulasi pertumbuhan motorik Si Kecil. Ternyata sejumlah hal simpel yang dapat Ibu lakukan dapat membantu pertumbuhan motorik Si Kecil. Dukungan dan stimulasi yang tepat bakal meningkatkan keterampilan motorik Si Kecil supaya ia tumbuh menjadi anak hebat cocok harapan orang tua.

Sumber : http://www.gizoogle.net/tranzizzle.php?search=www.pelajaran.co.id/