Bidang Bimbingan dan Konseling

Bidang Bimbingan dan Konseling

Bidang Bimbingan dan Konseling
Bidang Bimbingan dan Konseling

Terdapat empat bidang bimbingan dan konseling yang menjadi ruang lingkup pelayanan. Keempat bidang tersebut adalah:

  1. Bidang Pengembangan Kehidupan Pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai, dan mengembangkan potensi dan kecakapan, bakat dan minat, serta kondisi sesuai dengan karakteristik kepribadian dan kebutuhan dirinya secara realistik.
  2. Bidang Pengembangan Kehidupan Sosial, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial yang sehat dan efektif dengan teman sebaya, anggota keluarga, dan warga lingkungan sosial yang lebih luas.
  3. Bidang Pengembangan Kemampuan Belajar, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah/madrasah dan belajar secara mandiri.
  4. Bidang Pengembangan Karir, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir.

Dalam praktiknya, keempat bidang Bimbingan dan Konseling tersebut seyogyanya dapat diberikan kepada peserta didik, melalui berbagai jenis layanan Bimbingan dan Konseling yang tersedia. Dengan demikian, upaya pelayanan Bimbingan dan Konseling tidak hanya terfokus pada satu bidang layanan.

Sumber : https://education.microsoft.com/Story/CommunityTopic?token=2KYNB