Bentuk-bentuk kekerasan

Bentuk-bentuk kekerasan

Bentuk-bentuk kekerasan
Bentuk-bentuk kekerasan
  1. Kekerasan fisik

Kekerasan fisik adalah Adalah tindakan yang bertujuan untuk melukai, menyiksa atau menganiaya orang lain, dengan menggunakan anggota tubuh pelaku (tangan, kaki) atau dengan menggunakan benda.

  1. Kekerasan psikis

Kekerasan psikis adalah Adalah perbuatan yang mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya dan/atau penderitaan psikologis berat pada seseorang.

  1. Kekerasan seksual

Kekerasan seksual adalah Adalah kekerasan yang bernuansa seksual, termasuk berbagai perilaku yang tak diinginkan dan mempunyai makna seksual yang disebut pelecehan seksual, maupun berbagai bentuk pemaksaan hubungan seksual yang disebut sebagai perkosaan.

  1. Kekerasan ekonomi

Adalah kekerasan dalam bentuk penelantaran ekonomi dimana tidak diberi nafkah secara rutin atau dalam jumlah yang cukup, membatasi dan/ atau melarang untuk bekerja yang layak di dalam atau di luar rumah sehingga korban dibawah kendali orang tersebut (Depkes RI, 2009)

Sementara menurut Hamim (2006) Kekerasan terbagi atas fisik dan non fisik. Kekerasan fisik adalah semua bentuk kekerasan yang menimbulkan penderitaan fisik seperti menampar, memukul dan lain-lain sedangkan kekerasan non fisik seperti intimidasi, penghinaan mengisolasi istri atau membatasi ruang geraknya. Segala bentuk kekerasan ini dialami oleh istri dalam satu katagori atau keduanya, akan tetapi seringkali istri tidak menyadari bahwa kekerasan sudah terjadi pada dirinya berulangkali selama bertahun-tahun dalam kehidupannya.

Baca Juga :