Apakah Anda dapat menjual kembali game yang dibeli secara digital?

Apakah Anda dapat menjual kembali game yang dibeli digital?

 

 

Apakah Anda dapat menjual kembali game yang dibeli secara digital
Apakah Anda dapat menjual kembali game yang dibeli secara digital

Steam minggu ini dipukul dengan putusan pengadilan Prancis yang menghukum situs itu karena melarang penjualan kembali game digital. Ini berpotensi berarti platform Valve – dan yang lain menyukainya – harus memungkinkan pengguna untuk menjual kode permainan mereka. Jadi, dengan asumsi itu terjadi, apa artinya bagi para gamer?

The UFC Que Choisir , sebuah kelompok hak-hak konsumen Perancis, diajukan terhadap Valve, menyatakan bahwa perusahaan secara ilegal melarang penjualan properti pribadi milik (dalam hal ini, kode dibeli). Karena Valve tidak memiliki persaingan yang serius (belum) dalam hal etalase digital, ini menciptakan skenario yang tidak adil bagi konsumen. TGI de Paris, pengadilan sebelum kasus ini diadili, memutuskan larangan Steam terhadap penjualan kembali barang yang dibeli tidak dapat diberlakukan, bahkan mereka yang tidak terikat pada sepotong media fisik.

Konferensi TNW Couch
Bergabunglah dengan para pemimpin industri untuk menentukan strategi baru untuk masa depan yang tidak pasti

DAFTAR SEKARANG

Ini belum membuat perubahan tunggal di platform – mengatakan Steam tidak dapat secara hukum menentang

sesuatu tidak berarti Steam harus mendukungnya – tetapi menarik untuk merenungkan apa artinya bagi masa depan game digital. Jika Anda bisa menjual kembali barang-barang yang Anda beli secara digital, bagaimana hal itu mengubah cara permainan dipasarkan pada platform seperti Steam?

Secara teknis layak – kode permainan memberikan setiap salinan digital dari permainan pengidentifikasi unik, artinya Anda bisa, secara teori, meneruskan kode dan tidak lagi memiliki akses ke permainan tertentu. Dan Steam sudah memiliki pasar komunitas, meskipun yang sebagian besar digunakan untuk menjual kartu perdagangan platform.

Tetapi ada pertanyaan apakah itu bisa dilakukan dan pertanyaan apakah itu harus dilakukan. Penjualan kembali cakram atau kartrij permainan selalu diterima secara tidak sengaja oleh para pembuat game, tetapi selalu dengan pemahaman bahwa konsumen berada pada posisi yang kurang menguntungkan. Media fisik memburuk – cakram dapat tergores, kartrid melengkung – sehingga siapa pun yang membeli game bekas berisiko mengambil produk yang cacat. Itu berarti masih ada alasan bagus bagi mereka untuk membayar harga penuh untuk salinan baru.

Ketika datang ke salinan digital, jelas bahwa kerugian itu tidak ada. Dan akankah penjualan kembali ini mencakup segala sesuatu yang terkait dengan salinan permainan tertentu, seperti DLC atau kosmetik? Dan jika mereka melakukannya, bukan?

Sehubungan dengan Steam secara khusus, platform ini sering menjadi tuan rumah penjualan yang cukup murah – jika Anda mendapatkan game untuk dijual, apakah Anda berkewajiban untuk menjualnya dengan harga jual? Ini sepertinya adil, jangan sampai seseorang mencoba memulai bisnis menjual kembali game Steam untuk mendapat untung. Tapi itu akan membutuhkan Steam untuk secara otomatis menetapkan harga jika itu memungkinkan pengguna untuk menjual kembali game di platformnya.

Dan itu bahkan tidak masuk ke dalam sejarah rumit penjualan kode game oleh pihak ketiga. Ada situs samar yang

menjual kode gim, seperti yang digunakan di Steam, dengan diskon curam – G2A adalah salah satu yang lebih terkenal. Para pengembang Indie secara khusus telah memanggil G2A untuk memotong keuntungan mereka yang sudah ramping dan memaksa mereka untuk kehilangan penjualan dengan membeli iklan yang menampilkan layanan pembelian kunci mereka di atas etalase yang lebih sah di Google.

Itu bukan untuk mengatakan hak untuk menjual kembali game digital tentu akan mengubah Steam menjadi situs penjualan kode yang samar – ya, yang sudah ada, independen dari Steam. Tapi itu menimbulkan pertanyaan tentang berapa banyak kode yang dijual kembali akan memotong keuntungan pengembang game indie dengan cara yang sama.

Saya akan menjadi yang pertama mengatakan bahwa para gamer harus dapat membuang gim-gim yang tidak

diinginkan mereka dengan cara yang menguntungkan mereka – saya tentu tidak akan keberatan untuk mengganti beberapa dari ribuan yang saya pribadi masukkan ke dalam jurang penjualan musim panas Steam. Tetapi, seperti halnya segala sesuatu yang melibatkan uang, dan hukum, tidak sesederhana itu. Jika Anda punya pendapat tentang itu, kirimkan saya tweet atau email: Saya ingin mendengar pendapat semua orang tentang itu.

Baca Juga: