3 Cara Jitu Berhenti Overthinking di Pekerjaan

3 Cara Jitu Berhenti Overthinking di Pekerjaan

Rekan Kerja, sepanjang bekerja di kantor, berapa kali Anda terasa kuatir dan khawatir berlebihan dapat pekerjaan Anda? Misalnya, Anda terasa khawatir gara-gara performa kerja yang tetap menurun atau khawatir gara-gara diminta berjumpa klien. Perasaan tersebut memang wajar saja. Namun bagaimana jadinya jikalau hal itu justru sebabkan Anda jadi berpikir berlebihan atau overthinking?

Overthinking merupakan sebuah kondisi di mana seseorang berpikir benar-benar berlebihan atas apa yang dapat dan baru saja terjadi. Tidak boleh dibiarkan benar-benar lama, segera hentikan overthinking dalam pekerjaan bersama dengan cara ini.

1. Cari alasan mengapa Anda terasa overthinking
Setiap kondisi overthinking yang Anda alami pasti mempunyai penyebab tersendiri. Sebagai cara awal berhenti overthinking, cobalah untuk menganalisis persoalan apa yang sebabkan Anda berpikir berlebihan. Bisa jadi pikiran overthinking Anda datang gara-gara rasa khawatir akibat goals pekerjaan yang belum tercapai, atau gara-gara Anda baru saja sebabkan kesalahan dan mendapat teguran berasal dari atasan.

Setelah mengerti apa yang sebabkan Anda jadi overthinking, jangan dulu jalankan pertahanan diri bersama dengan menampik alasan overthinking tersebut. Bukan tanpa alasan, jalankan defense dan denial hanya dapat sebabkan otak Anda makin overthinking.

2. Fokus pada pemecahan masalah
Anda pasti mengerti bahwa benar-benar dalam mengayalkan persoalan justru dapat sebabkan kepala terasa sakit. Alih-alih overthinking, cobalah berfokus untuk melacak solusi atas persoalan Anda. Sebagai contoh, kala Anda terasa kuatir dan overthinking selagi dapat jalankan presentasi di depan atasan dan klien, dapat jadi itu berlangsung gara-gara Anda kurang persiapan. Cobalah untuk mempersiapkan materi presentasi bersama dengan baik dan studi bicara di depan cermin agar kepercayaan diri Anda meningkat. Anda terhitung dapat cobalah jalankan presentasi di depan kawan kerja dan meminta feedback/masukan.

3. Tentukan selagi untuk jalankan refleksi
Overthinking memang tidak baik bagi mental dan fisik Anda. Meskipun demikian, bukan bermakna Anda tidak boleh mengayalkan persoalan Anda lho. Seperti yang dilansir berasal dari Forbes, seseorang selamanya direkomendasi untuk mengayalkan persoalan yang tengah dihadapinya, namun bersama dengan catatan kesibukan itu hanya boleh dilakukan dalam selagi singkat, lebih kurang 20 menit. Karena itu, cobalah membuat selagi spesifik untuk jalankan refleksi setiap hari, dan kala selagi tersebut datang, biarkan Anda menumpahkan segala kekuatiran yang tersedia dalam kepala. Setelah waktunya habis, segera cari kesibukan lain dan jangan larut dalam overthinking Anda.

Cara ini mungkin terkesan sulit, namun percayalah hal ini dapat sebabkan Anda studi untuk berhenti overthinking dan terpacu untuk segera menemukan solusi atas persoalan yang Anda khawatirkan.

Nah, Rekan Kerja, ketiga cara di atas dapat Anda cobalah untuk berhenti overthinking dalam pekerjaan. Selain tiga cara di atas, cobalah untuk menyesuaikan tingkat stres Anda agar pikiran negatif tidak enteng masuk dan mengundang overthinking.

Selengkapnya : https://www.ruangguru.co.id/