2020, UNBK 100 Persen Di Semua Provinsi

2020, UNBK 100 Persen Di Semua Provinsi

2020, UNBK 100 Persen Di Semua Provinsi
2020, UNBK 100 Persen Di Semua Provinsi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan tahun depan Ujian Nasional

Berbasis Komputer (UNBK) bisa diterapkan di seluruh provinsi di tanah air. Sementara tahun ini penerapan UNBK baru 91 persen. ”Kita harapkan tahun depan sudah bisa 100 persen. Karena itu, sekarang ini tinggal sembilan persen yang belum menyelenggarakan,” terang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy. Menurut Muhadjir, mayoritas wilayah yang belum menerapkan UNBK berada di kawasan terpencil. Wilayah ini membutuhkan penanganan khusus untuk meningkatkan sarana dan prasarana. ”Lalu, sembilan persen ini bukan hal mudah.

Ini paling sulit, karena masalahnya jadi kerak. Jadi kerak-keraknya,” ujar mantan Rektor Universitas

Muhammadiyah Malang (UMM) itu. Di lapangan, sambung dia, masih banyak yang harus dibenahi seperti kekurangan perangkat komputer. Tahun depan diharapkan bisa diminimalisasi. ”Itu harus dilakukan dengan meminjam unit komputernya di sekolah untuk tahun ini dan tahun depan,” terangnya. Pengadaan perangkat untuk UNBK ini, menurut dia, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Seperti di wilayah yang masih berada di daerah yang tak terjangkau jaringan internet.

Masalah itu perlu koordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia

(Kemkominfo RI). Begitupula dengan wilayah di kepulauan terpencil harus ditangani secara intensif. ”Kemarin saya berkunjung ke suatu kepulauan di Jawa Timur yang perjalanannya membutuhkan waktu 10 jam dengan kapal. Yang itu di sana tidak mungkin kita layani dengan waktu singkat untuk keperluan ujian nasional. Jangankan UN, untuk keperluan pendidikan membutuhkan penanganan khusus,” tuturnya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/STBR97L