2 Dosen FISIP Unja Laksanakan Pengabdian Masyarakat

2 Dosen FISIP Unja Laksanakan Pengabdian Masyarakat

2 Dosen FISIP Unja Laksanakan Pengabdian Masyarakat
2 Dosen FISIP Unja Laksanakan Pengabdian Masyarakat

Menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, 2 dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jambi

(FISIP Unja), melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kecamatan Paal Merah, Kota Jambi, Kamis (5/9) lalu. Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Dr, Hartati, SH., MH saat ditemui menjelaskan, fokus utama kegiatan kali ini mengenai Pendampingan Pengembangan Kampung Bantar Berbasis ICT. Di mana pemanfaatan teknologi di era seperti sekarang ini memberikan peluang bagi pemerintah untuk melakukan inovasi melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

“Salah satu misi pembangunan nasional sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP, red) Nasional 2005 – 2025 adalah mewujudkan bangsa yang berdaya saing. Misi ini dapat dilakukan melalui pembangunan aparatur negara yang mencakup kelembagaan, ketatalaksanaan, pelayanan publik, dan sumber daya manusia (SDM) aparatur. Secara khusus penerapan Sistem Pemerintahan berbasis Elektronik merupakan bagian dari area perubahan tata laksana dimana penerapan sistem, proses, dan prosedur kerja yang transparan, efektif, efisien, dapat dilakukan” ujarnya Kamis (5/9) lalu.

Dikatakan Hartati, program Kampung Bantar yang telah diinisiasi oleh pemerintah Kota perlu dijaga bersama.

“Harapannya dengan kegiatan pengabdian ini pencapaian program tersebut dapat maksimal dicapai,” terangnya.
Anggota kelompok pengabdian Makmun Wahid, S.IP., M.A menambahkan, salah satu output dari pengabdian adalah, terbentukanya Sistem Informasi Kampung Bantar dan media sosial yang bisa dimanfaatkan oleh perangkat pengelola Kampung Bantar.
“Dengan adanya sistem informasi ini maka pihak kelurahan dan pihak RT bisa memanfaatkan dalam hal publikasi potensi Kampung Bantarnya masing-masing,” jelas Wahid.
Wahid mengungkapkan, pentingnya pendampingan bagi pengembangan Kampung Bantar mengingat potensi program Kampung Bantar sangat banyak sekali, salah satunya adalah peran Kampung Bantar dalam mewujudkan smart city di Kota Jambi dan memberi makna bagi kesejahteraan warga perkotaan.

“Kehadiran kami dari pihak akademisi pada dasarnya adalah untuk memberi pengetahuan mengenai fungsi teknologi

dalam pengelolaan Kampung Bantar. Kampung Bantar merupakan tonggak penting bagi jejak pembangunan kota Jambi dalam mewujudkan Smart City. Untuk itu, kehadiran kami di sini yakni untuk memastikan bahwa infrastruktur fisik, infrastruktur ekonomi, infrastruktur sosial dan infrastruktur teknologi di Kota Jambi saling terintegrasi. Jelasnya, kami ingin mengambil peran dalam setiap kemajuan daerah, khususnya Kota Jambi,” paparnya.
“Oleh karena itu, 2 dosen tersebut dalam pengabdian masyarakat kali ini berusaha memberikan edukasi kepada para ketua RT dan Lurah khususnya di Kelurahan Eka Jaya, Kecamatan Paal Merah agar mempunyai wawasan dalam mengelola Kampung Bantar berbasis ICT,” terangnya.
Terpisah, Camat Paal Merah Hj. Mursida saat membuka acara Pengabdian ini mengatakan, dengan adanya kegitan ini sangat bermanfaat sekali bagi Kampung Bantar di daerah kami, terutama dalam hal publikasi potensi Kampung Bantar.
“Kehadiran teman-teman akademisi dari Universitas Jambi akan semakin menggugah keberhasilan-keberhasilan pengelolaan Kampung Bantar di Kecamatan Paal Merah,” tandas Mursida

 

Baca Juga :